Ingin Pleci Gacor? Ini Dia Racikan Makanannya

Para pleci mania Asia dalam memberikan pakan tidaklah dalam bentuk voer utuh, namun kebanyakan dari mereka meracik kembali dengan menambahkan beberapa bahan. Racikan pakan pleci ini terbukti membuat burung menjadi lebih rajin berkicau (gacor).

racikan pakan burung pleci agar gacor dan buka paruh

Bagi Anda yang kebetulan mempunyai burung pleci, tidak ada salahnya untuk mencoba meracik pakan sendiri seperti para pemain pleci Negara lain.

Bahan Pembuat Pleci Gacor


1. Voer Halus Pabrikan
Belilah voer yang memiliki kandungan protein antara 16 hingga 21%, karbohidrat dan lemak seimbang, dan memiliki kandungan mineral pendukung lainnya.

2. Biji Fumayin (Dapat dibeli ditoko online)
Fumayin adalah biji-bijian sejenis biji ganja, namun tidak mengandung zat adiktif yang bisa untuk disalahgunakan. Dalam biji fumayin menurut penelitian mengandung zat asam amino yang tinggi. Zat tersebut sangat baik bagi burung, antara lain:
-    Cepat menaikan birahi burung
-    Merangsang burung agar rajin berbunyi
-    Dapat mempercepat proses ambrol bulu burung yang sedang dalam masa mabung.

3. Tepung Jangkrik
Jangkrik memiliki banyak kandungan yang baik bagi burung karena menurut berbagai penelitian dalam tubuh jangkrik terdapat kandungan testoteron sebesar 31,78 ppm, hormone estrogen sebesar 259,535 ppm, dan hormone progesterone 105,49 ppm. Selain itu, jangkrik juga mengandung sumber energy sebanyak 4,87 kalori/gram, protein mencapai 57,32%. Tidak hanya kandungan tersebut, ternyata dalam tubuh jangkrik juga terdapat zat asam amino yang baik untuk pembentukan sel, antioksidan alami bagi tubuh, dan glutation.

Lihat juga artikel lengkap seputar: Perawatan Burung  Pleci 

4. Voer untuk Ikan Hias
Dalam voer makanan untuk ikan hias terdapat banyak protein, serta kandungan mineral dan asam amino. Selain itu dalam voer untuk ikan hias juga dilengkapi bahan alami yang berguna untuk membuat warna ikan menjadi lebih baik.

5. Timbangan
Timbangan ini berfungsi untuk menimbang bahan-bahan racikan pakan.

Cara meracik pakan untuk burung pleci

  • 100 gram voer halus
  • 10 gram fumayin (biji fumayin disangrai terlebih dahulu kurang lebih 5 menit dan kupas kulitnya)
  • 20 gram tepung jangkrik
  • 10 gram voer ikan hias
Campur voer halus, biji fumayin, dan tepung jangkrik, kemudian haluskan menggunakan blender. Selanjutnya masukan voer ikan hias dan aduk hingga merata. Voer racikan siap untuk diberikan ke burung pleci.

Baca juga: Cara Cepat Agar Burung Pleci Buka Paruh

Sisa pakan racikan burung pleci simpan di wadah yang bersih dan tutup rapat agar kualitasnya tetap terjaga dan awet. Semoga bermanfaat bagi burung pleci Anda dan gacor setiap hari.

Ingin Pleci Gacor? Ini Dia Racikan Makanannya