Kacer Mbagong: Permasalahan Dan Cara Mengatasinya

Kacer mbagong menjadi momok yang ditakuti bagi sebagian para pemain burung yang dijuluki hitam putih ini saat sedang berakasi di arena kontes. Karena kondisi mbagong akan menggugurkan burung untuk meraih juara meskipun pada kondisi awal main sangat agresif.

cara mengatasi kacer mbagong

Kondisi mbagong pada burung kacer dipengaruhi oleh berbagai hal. Oleh karena itu para pemain kacer harus mengetahui penyebab burung jagoannya melakukan gaya mengembungkan dada saat berhadapan dengan lawan.

Bagi Anda yang kacer jagoannya sering mbagong saat berada diajang kontes, berikut penyebab dan cara mengatasinya dikutip dari KMI.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong


1. Kacer Over Birahi
Penyebab terjadinya over birahi seringkali terjadi karena setingan EF yang tidak cocok untuk burung, penjemuran terlalu lama, seringnya dimandikan, dan sering dilakukan track.

Tanda terjadinya over birahi dapat dilihat saat bermain pada awalnya ngotot namun berujung mbagong. Selain itu juga saat kacer bermain ngejar lawan sampai nabrak sangkar dan pada akhirnya kacer menjadi kanibal.

Cara mengurangi OB pada kacer yaitu dengan mengurangi pemberian EF, burung dikerodong, lakukan track secara berkala, jauhkan kacer dari suara burung-burung fighter, lakukan terapi pengembunan, dan mandikan secara teratur serta diasingkan terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Keberhasilan Bermain Kacer

2. Burung Kacer Kalah Mental
Ada beberapa penyebab kalah mental: Burung belum cukup umur, mempunyai mental yang standar, mental drop saat mendengar suara lawan yang lebih gahar.

Tanda yang bisa dilihat jika burung kalah mental adalah saat bermain durasinya sebentar dan kemudian mbagong, burung hanya loncat-loncat atau bahkan hanya diam saja sambil mbagong tampa melakukan perlawan dalam perlombaan.

Cara mengatasi kacer yang kalah mental adalah menunggu hingga umurnya sudah matang jika burung masih muda. Lakukan track dengan burung lain yang memiliki mental standar, jika burung kurang dalam materi suara lakukan pemasteran.

Lihat juga: Koleksi Suara Kacer Durasi Panjang

3. Kondisi kacer tidak vit/prima
Kacer yang tidak dalam kondisi vit juga dapat membuatnya tampil mbagong. Penyebab yang biasa terjadi karena perawatan yang tidak teratur dan sakit.

Tanda-tanda burung yang tidak vit adalah malas berkicau/bunyi, burung memasuki masa mabung, burung hanya main sebentar lalu mbagong.

Cara mengatasi kacer yang sedang dalam kondisi tidak vit yaitu lakukan perawatan secara teratur (mandi, penjemuran, pemberian EF, bersihkan sangkar, dan lakukan pengumbaran). Untuk menjaga stamina lakukan pengerodongan serta berikan vitamin, selain itu lakukan track secara berkala.

Baca juga artikel: Perawatan Kacer Untuk Lomba

4. Kacer Terlalu Jinak
Kacer yang terlalu jinak juga menjadi salah satu penyebab mbagong. Penyebab terlalu jinak adalah burung rawatan dari lolohan, sering memberikan EF langsung dari tangan hingga sayap turun dan ngleper yang pada akhirnya menjadi manja serta malas untuk bertarung saat sedang ditrack.

Tanda-tanda kacer terlalu jinak biasanya adalah saat bermain hanya sebentar kemudian mabgong, burung tidak mau tarung hanya mengeluarkan sifat manja sambil sayap ngleper. Jika burung sudah cukup dewasa sering mengeluarkan suara kicauan anakan.

Cara mengatasi kacer yang terlalu jinak yaitu lakukan pengumbaran, berikan EF langsung kedalam wadah pakan, lakukan penggantangan ditempat yang sepi, jemur sambil digantang pada tempat yang tinggi.

Itulah mengapa kacer mbagong serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi para kacer mania Indonesia.

Kacer Mbagong: Permasalahan Dan Cara Mengatasinya