Tips Kunci Keberhasilan Bermain Kacer Ala Ibi Bandar Kacer

Kacer menjadi salah satu jenis burung berkicau yang sedikit susah dalam perawatan. Karena kondisi burung harus benar-benar stabil baik kondisi fisik maupun mentalnya. Jika kondisi burung tidak dalam kondisi prima bisa dipastikan kacer akan bermain jelek dilapangan.

tips bermain kacer

Berikut tips kunci keberhasilan bermain kacer menurut pakarnya “Ibi Bandar Kacer” yang kami kutip dari group KMI:
  • Belajar Bersabar: Salah satu kunci keberhasilan bermain kacer adalah bersabar. Banyak pemain yang pandai menyeting burung namun tidak punya kesabaran maka dipastikan hasilnya juga akan sia-sia. Bersabar disini adalah pemilik harus sabar dalam melewati proses pembentukan karakter burung serta memantau setiap saat dan meneliti berbagai kesalahan.
  • Kendalikan Emosi: Dalam merawat kacer yang juga penting untuk dipunyai adalah mengendalikan emosi perawatnya. Menemukan cara setting kacer tidaklah begitu cepat harus dilakukan, karena yang penting adalah bagaimana kita mampu mengendalikan emosi. “Bagaimana kita mo mengendalikan momongan,sedang kita sendri tidak bisa mngendalikan emosi, ambisi diri kita sendiri?”. Sebagai contoh, kacer yang sudah enak dengan setnya suatu saat dia berubah. Nah disini kita diuji dari segi ambisi, jika tidak kuat pasti sang pemelihara akan merubah setingan dan mencoba dengan teknik yang baru, akhirnya sang momongan menjadi tidak jelas kerjanya. Terkadang kita lupa bahwa kacer juga butuh waktu istirahat, ada yang membutuhkan istirahat beberapa minggu bahkan sampai berbulan-bulan untuk kembali kekondisi prima.
  • Kacer Bahan: Untuk kacer yang masih bahan setelah melalui berbagai macam/pola setingan hingga melewati bebera[a masa mabung namun tidak juga bagus untuk main dilapangan sebaiknya jangan dipaksakan, karena tidak semua burung dapat dimainkan untuk lomba.
Baca Juga: Tips Merawat Burung Kacer Untuk Lomba

Semoga bermanfaat bagi para pemain kacer yang ingin berhasil mengendalikan momongan kesayangannya.

Tips Kunci Keberhasilan Bermain Kacer Ala Ibi Bandar Kacer