Tips Penting Merawat Burung Sogok Ontong Mabung

Proses mabung burung sogok ontong perlu perawatan yang benar karena jenis burung sunbird ini dalam perontokan bulu-bulunya tidak langsung total secara keseluruhan namun satu demi satu. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus disaat sogok ontong mabung.

tips merawat burung sogok ontong mabung

Berikut ini ada tips merawat burung sogok ontong yang sedang dalam proses mabung agar dalam perontokan bulu-bulunya lebih cepat:
  1. Hindari memandikan burung yang sedang mabung. Perlu diperhatikan bahwa saat burung sedang proses merontokan bulu jika dimandikan akan mengakibatkan terhambatnya proses mabung.
  2. Jangan jemur burung. Penjemuran burung yang sedang mabung juga dapat menghambat perontokan bulu burung. Sebaiknya tempatkan burung di lokasi kering serta sedikit lembab. Daerah yang lembab dapat membantu perontokan bulu burung lebih cepat.
  3. Isolasi burung. Pengisolasian burung dapat dilakukan dengan cara mengkerodong dan menempatkan ditempat yang sepi (Catatan: bersihkan kandang setiap pagi agar gas ammonia dari kotoran burung tidak meracuni burung tersebut). Isolasi ini bertujuan agar burung tidak sering berkicau, karena jika sedang dalam proses mabung dan sering mengeluarkan suara maka dapat menghambat proses ganti bulu.
  4. Dengan aktifnya burung seperti selalu berkicau tentu dalam perontokan bulu menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya. Oleh karena itu sebaiknya burung dikondisikan ngedrop agar fokus dalam proses penggantian bulunya.
  5. Stop pakan berprotein terlalu tinggi. Dalam proses mabung sebenarnya diperlukan makanan yang berprotein tinggi, karena bahan-bahan pembuat bulu baru pada burung berasal dari salah satu jenis protein yaitu Keratin. Makanan berprotein dengan kadar 16-20% sudah cukup bagi burung yang sedang proses berganti bulu. Tetapi jika pakan yang diberikan memiliki kandungan protein misalnya 30% maka akan membuat burung menjadi naik birahinya dan akan membuat burung menjadi terlalu aktif dan senang berkicau.
Pakan yang memiliki kandungan protein tinggi biasanya ada pada Ektra Food (EF) seperti, UH dan kroto. Oleh sebab itu hentikan terlebih dahulu pemberian EF tersebut saat burung dalam kondisi mabung.

Baca juga: Ramuan Mepercepat Ambrol Bulu Burung Yang Mabung

Itulah tips penting merawat burung sogok ontong yang sedang mabung. Semoga bermanfaat bagi para pecinta burung masteran.

Tips Penting Merawat Burung Sogok Ontong Mabung