Cara Membuat Cucak Cungkok Gacor

Sebagai masteran burung cucak cungkok tentu harus dituntut rajin berbunyi/gacor. Namun terkadang banyak pemilik mengeluh karena cucak cungkok peliharaannya tidak gacor atau jarang berbunyi.

suara cucak cungkok gacor

Untuk mengatasi hal tersebut diatas, hal yang paling utama adalah bagaimana pola perawatan yang dilakukan, apakah sudah sesuai atau hanya asal-asalan. Bagi Anda yang mengalami cucak cungkok peliharaanya tidak gacor, berikut tips yang kami kutip dari group Cucak Cungko Indonesia yang bisa coba lakukan dalam merawat CC kesayangan agar rajin berkicau dan joss saat memaster.

Perawatan Cucak Cungkok Agar Gacor

  • Embunkan cucak cungkok beberapa hari sekali *Sebenarnya pengembungan dapat dilakukan setiap hari, namun karena karakter burung yang satu ini cenderung kurang aktif jika berada pada tempat yang kurang cahaya (Sebelum matahari terbit). Oleh karena itu, waktu pengembunan tidak perlu setiap hari.
  • Jika matahari sudah tampak, mandikan burung dengan cara disemprot halus menggunakan hand sprayer. Anda juga dapat memandikan dengan memaskukannya kedalam keramba khusus untuk mandi burung (jika burung sudah terbiasa mandi dikeramba).
  • Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan selama beberapa menit (hingga kondisi bulu burung tidak basah). Sambil diangin-anginkan berikan burung makanan berupa Jangkrik sebanyak kesanggupan makan sang burung, karena setiap cucak cungkok memiliki kesanggupan banyaknya makanan berbeda-beda (ada yang sanggup makan 5-6 ekor bahkan ada yang hanya sanggup memakan 3 ekor jangkrik saja). Selain jangkrik cucak cungkok juga harus diberi makanan buah-buahan bisa berupa pisang kapok atau buah papaya. Jangan lupa untuk memberi minum dengan air yang segar (sebaiknya selalu mengganti air minum setiap pagi dan sore hari agar kualitas air tidak tercemar).
  • Selain makanan tambahan, berikan juga voer. Gantilah voer yang sudah terlihat rusak/sudah lama didalam wadah pakan dengan yang masih baru, penggantian ini adalah untuk menjaga kualitas voer karena jika voer sudah rusak dapat membuat burung menjadi sakit atau bahkan mati mendadak jika menelannya.
  • Setelah diangin-anginkan, kemudian lakukan penjemuran. Waktu penjemuran tidak boleh melebihi dari 2jam. Jemur pada pagi hari hingga tidak melebihi pukul 10.00.
  • Pada siang hari, tempatkan burung ditempat yang sejuk sambil diperdengarkan suara masteran. Sore harinya tempatkan burung pada tempat terbuka.
  • Pemasteran dapat dilanjutkan pada waktu malam hari dengan durasi sekitar 30-45 menit. Setelah itu biarkan burung cucak cungkok untuk istirahat hingga esok hari.

Bagi Anda yang tidak punya burung cucak cungkok untuk memaster, silahkan gunakan Audio mp3 yang dapat download dibawah video.


- Download suara burung cucak cungkok - Unduh

- Lihat juga video Tledekan Laut Guru Vokal Murai dan Kacer

Lakukan perawatan cucak cangkok secara konstien agar burung tetap rajin bunyi/gacor setiap hari dan maksimal dalam memaster burung. 

Cara Membuat Cucak Cungkok Gacor