Suara burung yang serak tentu akan menganggu keindahan dalam berkicau, selain itu juga suara kicau menjadi tidak jelas karena tidak jernih meskipun telah berteriak-teriak. Hal tersebut menjadi kekhawatiran banyak para kicau mania jika burung jagoannya mengalami suara serak.

mengobati suara burung yang serak
image: usafa.af.mil
Sebelum kita membahas cara mengobati suara burung yang serak, maka sebaiknya kita ketahui dulu mengapa burung menjadi serak suaranya. Dari berbagai kasus, suara serak pada burung disebabkan oleh banyak faktor, antara lain karena makanan yang tercampur debu, air minum yang jarang diganti, polusi, sangkar burung yang kotor, keracunan vitamin yang sudah kadaluarsa, penjemuran yang terlalu berlebihan yang mengakibatkan dehidrasi dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Burung Yang Suaranya Serak

Banyak cara yang biasa dilakukan oleh para kicau mania dalam mengobati burung yang suaranya serak, salah satunya yang paling popular adalah dengan memberikannya air larutan “cap kaki tiga”. Memang cara ini juga banyak yang sudah membuktikan keampuhannya, namun banyak juga yang mengalami kegagalan. Oleh karena itu, SuaraBurungs.Com akan berbagi cara lain untuk menyembuhkan suara burung yang serak dengan bahan alami. Pengobatan alami ini kami kutip dari laman Master Lovebird Fighter, bagaimana caranya?

Yang perlu Anda siapkan adalah air putih yang sudah matang dalam cepuk minuman dan buah jeruk nipis. Cara membuatnya, potong dua bagian jeruk nipis dan teteskan air perasan (3-4 tetes) kedalam air putih dalam cepuk minuman. Air putih yang sudah dicampur dengan air jeruk nipis ini sebagai pengganti air minum yang biasa Anda berikan untuk burung.

Berikan ramuan ini setiap hari sampai suara serak pada burung hilang. Namun jangan lupa untuk mengganti ramuan ini setiap hari, jadi harus membuat ramuan setiap hari agar kondisi minuman dan air jeruk masih fresh (segar).

Baca juga: Terapi Untuk Pleci Yang Bersuara Serak

Itulah cara mengobati suara burung yang serak dengan menggunakan bahan alami. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan adalah selalu jaga kebersihan sangkar burung dan rajin untuk mengganti makanan dan minuman dengan yang baru agar burung Anda terhindar dari suara serak.