Banyak para pemelihara lovebird yang gusar karena suara ngekek yang biasa terdengar tidak lagi kedengaran atau macet bunyi. Burung hanya terlihat melakukan aktifitas makan, minum, dan diam/bengong diatas tangkringan.

lovebird macet bunyi

Keadaan burung lovebird macet bunyi dengan tanda-tanda seperti diatas tentu banyak para pemelihara memperkirakan burung lovebird tersebut karena OB (Over Birahi). Perawatan yang sering dilakukan untuk burung yang OB adalah dengan ritual mandi malam yang pada akhirnya membuat sang burung menjadi tidak nyaman (ingat: tidak semua jenis burung menyukai mandi malam). Ritual tersebut bukannya membuat burung kembali dapat ngekek tapi justru membuat burung bertambah stress.

Melakukan perawatan burung lovebird macet bunyi tanpa mengidentifikasi masalah terlebih dahulu tentu merupakan kesalahan yang fatal, selain tidak memberikan dampak positif pada burung juga waktu Anda menjadi terbuang percuma. Oleh karena itu, hal yang pertama sebelum melakukan perawatan maka sebaiknya indentifikasi atau memantau terlebih dahulu keadaan burung.

Cara Indentifikasi Penyebab Burung Macet Bunyi

Cara mengedintifikasi burung yang sedang malas bunyi bisa dilakukan dengan metode pemantauan.
  • Perhatikan body/tubuh burung (gemuk atau kurus)
  • Perhatikan keagresifan burung (loncat-loncat atau tidak)
  • Memasukan jari kita kedalam sangkar (dikejar oleh burung dan lantas digigit atau tidak)
Pada point ini jika burung tidak melakukan tindakan mengejar serta menggigit maka bisa dipastikan lovebird dalam kondisi Obesitas (kegemukan). Jadi burung yang macet bunyi dengan tanda-tanda tersebut bukan dikarenakan OB (Over Birahi).

Mengatasi Lovebird Yang Kegemukan

Burung lovebird yang kegemukan akan membuat burung menjadi malas untuk bergerak dan berkicau. Kegemukan pada burung biasa disebabkan karena kurangnya olahraga. Bagaimana cara perawatan burung yang mengalami kegemukan/obesitas yaitu dengan berolahraga, caranya silahkan lihat DISINI

Ramuan Minuman Untuk Mengurangi Kegemukan Pada Burung

Selain dengan melakukan olah raga, burung lovebird yang mengalami kegemukan juga sebaiknya diberi minuman bervitamin yang dapat menghancurkan lemak berlebih pada tubuh burung. Anda dapat meracik sendiri minuman dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut.
  • Siapkan batang sereh/serai (cuci bersih)
  • Air putih
Cara membuatnya adalah rebus air hingga mendidih, kemudian taruh pada gelas dan masukan batang sereh kedalamnya. Biarkan beberapa menit hingga tercium aroma batang sereh tersebut.

Setelah air tersebut dingin, masukan air tersebut kedalam cepuk minuman burung dan berikan pada lovebird yang macet bunyi.

Lakukan perawatan mengatasi lovebird macet bunyi diatas hingga sembuh dan kembali gacor setiap hari. Tips dikutip dari Master Lovebird Fighter