Burung tledekan selain memiliki kualitas suara kicauan yang indah juga sering digunakan sebagai guru vocal atau masteran bagi burung lainnya. Dalam event perlombaan burung berkicau, jenis kategaori tledekan juga banyak sekali peminatnya tak kalah dengan kategori jenis burung lainnya.

cara memilih burung tledekan berkualitas

Karena Keindahan suara dan makin banyaknya minat para kicau mania memlihara burung tledekan, maka kali ini SuaraBurungs.com akan berbagi Tips Memilih Burung Tledekan Berkualitas yang kami kutip dari berbagai forum pecinta burung.

Mental Burung
Mental manjadi factor penting jika ingin memelihara burung tledekan terutama untuk dilombakan. Tledekan bermental bagus memiliki ciri:
  • Rajin berkicau/gacor dan juga ngriwik
  • Berpenampilan tenang, berdiri tegak atau akan menyerang tledekan lainnya jika sedang diadu sambil bersuara (cari yang nyeklik)
  • Bila burung tledekan bahan maka jika didekati manusia tetap ngriwik (tidak takut) atau tetap berkicau.

Suara Burung Tledekan


Tledekan berkualitas memiliki ciri bersuara tajam, bening, ngeropel, kencang, kecepatan suara rapat serta diakhiri suara tembakan.

Warna Bulu Burung Tledekan
Burung tledekan berkualitas juga dapat kita lihat dari warna bulunya yaitu berwarna cerah, warna biru dan merah bata pada bulunya jelas, tidak kusut/kusam.  Warna bulu kusam menandakan burung kurang asupan makanan yang bergizi jadi membuat mental burung berkurang karena kondisi tubuh tidak fit.

Bentuk Badan Burung
Bentuk badan juga mempengaruhi kualitas burung dalam berkicau maupun mentalnya. Carilah burung tledekan yang tubuhnya panjang dan ramping, berkepala besar, bagian leher besar, mata belok serta warna bulu cerah.

Burung yang memiliki tanda-tanda seperti diatas biasanya akan rajin berkicau (gacor), napas panjang, suara yang dikeluarkan (rapat, kencang, dan cepat), irama nadanya turun naik serta bergema, memiliki kecerdasan sehingga mudah untuk dimaster dengan suara burung lain.

Mata Burung Tledekan
Memilih burung tledekan berkualitas juga dapat dilihat dari sorot mata burung. Jika burung memiliki sorot mata yang tajam berarti memiliki mental baik dan dalam kondisi sehat.

Burung Tidak Cacat
Burung yang cacat tentu akan mempengaruhi keindahan saat dipandang, jadi pilihlah burung yang tidak cacat. Burung tledekan biasanya mengalami cacat pada bagian kaki dan sayap, hal tersebut dikarenakan saat penangkapan menggunakan jerat ataupun jaring. Burung cacat juga bisa dikarenakan terkena hama saat masih kecil. Oleh karena itu saat Anda akan membeli tledekan sebaiknya lihat pada bagian tersebut.

Paruh Burung
Paruh burung tledekan yang berkualitas adalah berkontur mblimbing karena diyakini akan memiliki suara yang keras dan bermental baik.

Itulah tips bagaimana cara memilih burung tledekan berkualitas. Hal lain yang paling penting untuk Anda lakukan adalah, saat sudah mendapatkan burung tersebut maka berikanlah perawatan yang baik. Jika Anda memberikan perlakuan yang salah dalam merawat atau memberi pakan maka akan membuat peforma burung menjadi turun. Jika hal tersebut terjadi, baca artikel Tips Mengatasi Burung Drop Fisik dan Macet Bunyi