Cara Memaster Jalak Suren Agar Cepat Menirukan Burung Masteran

Sudah menjadi hal umum bagi para pecinta burung Jalak Suren melakukan pemasteran dengan jenis suara burung lainnya. Namun banyak yang seringkali gagal atau terlalu lama burung JS dapat menirukan suara masteran.

cara memaster jalak suren

Untuk memaster burung jalak suren maupun burung lainnya, hal pertama yang mesti kita perhatikan adalah waktu dimana sang burung sedang dalam kondisi istirahat. Misalnya adalah saat siang hari setelah memandikan dan penjemuran burung dan pada malam hari antara pukul 22.00 hingga jam 06.00.

Sesudah kita mengetahui waktu yang tepat untuk memaster burung, selanjutnya adalah mengkondisikan burung benar-benar istirahat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena jika burung tidak dalam kondisi istirahat maka kemungkinan besar akan gagal dalam melakukan pemasteran.

Baca juga artikel: Membedakan Kualtias Suara Burung Jalak Suren Jantan Dan Betina

Bagaimana cara agar burung istirahat? Cara yang perlu Anda lakukan sebenarnya sangat sederhana, yaitu cukup mengkerodong sangkar dan tempatkan pada ruangan yang sepi (tidak dilalui banyak orang). Fungsi pengkerodongan sendiri adalah untuk membatasi pandangan burung agar dapat beristirahat dengan tenang, Jika burung sudah tenang maka akan fokus dengan suara-suara masteran yang didengarnya.

Hal penting lainnya adalah perdengarkan suara masteran dengan volume yang kecil saja tetapi sangat jelas tersengar, tidak perlu dengan suara yang keras karena akan membuat burung jalak suren bisa stress atau mentalnya menjadi down. Jika Anda memasternya menggunakan media burung hidup maka jangan terlalu dekat menempelkan sangkarnya karena justru akan membuat burung yang dimaster susah untuk merekam.

Lihat artikel lainnya: Cara Memaster Burung Dengan Audio Mp3

Cara terbaik lainnya dalam memaster jalak suren agar cepat menirukan burung masteran adalah pada saat burung sedang dalam kondisi mabung. Caranya ini yang sering dilakukan oleh para kicau mania.