6 Manfaat Umbaran Bagi Burung Berkicau

Pecinta burung berkicau tentunya sudah tahu kandang umbaran (kandang yang berukuran besar dengan panjang sekitar 2 meter). Nah tahukah Anda bahwa mengumbar burung berkicau itu memiliki banyak manfaat bagi penampilan burung.

manfaat mengumbar burung dikandang umbaran

Ada setidaknya 6 manfaat umbaran bagi burung berkicau. Bagi Anda yang hobi memelihara burung berkicau apalagi bertujuan untuk diikut sertakan dalam perlombaan maka mengumbar burung dalam kandang umbaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Metode pengumbaran ini mungkin sering Anda lihat untuk burung-burung besar (Murai, Kacer, Cucak Ijo), padahal mengumbar burung juga penting bagi burung-burung berkicau lainnya seperti Lovebird, Kenari, Pleci, dan lain-lainnya. Apa manfaatnya?

1. Burung Sehat
Pengumbaran burung dalam kandang besar akan membuat kondisi burung selalu sehat, karena dalam kandang umbaran burung akan dipaksa untuk berolahraga (terbang).

2. Burung Tidak Terlalu Gemuk
Seperti umumnya, berolahraga akan membuat lemak dalam tubuh terbakar. Pembakaran lemak ini akan membuat tubuh menjadi ramping dan kencang. Proses pembakaran lemak juga penting dilakukan burung berkicau, karena jika burung terlalu gemuk biasanya menjadi tidak lincah dan hanya suka berdiam ditenggeran.

3. Birahi Stabil
Bagi kicau mania yang suka ikut memperlombakan burung peliaharaanya tentu tahu bagaimana susahnya mempertahankan kondisi birahi burung agar stabil, pasalnya jika burung birhainya kurang atau berlebih akan mempengaruhi penampilannya saat digantang. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan pengumbaran untuk menstabilkan birahi burung.

4. Nafas Panjang
Burung berkicau yang menarik tentu bukan hanya mampu menyanyikan banyak suara, namun juga mampu bersuara dengan durasi lama dalam satu tarikan nafas. Ya, burung berkicau bisa kita ibaratkan sebagai seorang penyanyi yang memiliki suara indah dan nafas tidak tersengal-sengal. Cara terbaik agar burung dapat memiliki nafas panjang adalah dengan melakukan secara rutin berolahraga dalam kandang umbaran.

5. Burung Menjadi Lebih Gacor
Kegacoran burung juga dipengaruhi kondisi tubuh, jika burung berkicau dalam kondisi sehat tentu akan membuatnya senang mengeluarkan suara kicauannya. Membuat burung menjadi sehat, selain pemberian makanan bergizi juga harus diiringi dengan olahraga didalam kandang umbaran.

6. Suara Menjadi Keras/Lantang
Manfaat lain mengubar burung berkicau dalam kandang umbaran dalah membuat volume suara burung menjadi lebih keras atau lantang.

Baca juga: Tips Merawat Burung Kacer Untuk Lomba

Cara Mengumbar Burung

Pengumbaran burung dalam kandang umbaran juga tidak hanya menaruh burung dalam kandang dan kemudian didiamkan saja. Anda harus memastikan burung terbang bolak balik dalam kandang umbaran, karena mengumbar itu untuk membuat burung berolahraga. Bagaimana caranya?
  • Sebelum memaskukan burung kedalam umbaran, mandikan dulu burung. Setelah bulu-bulunya terlihat kering, masukan burung kedalam kandang umbaran.
  • Didalam kandang umbaran jangan disediakan air minum maupun makanan.
  • Agar burung mau terbang, semprot kaki burung dengan air menggunakan sprayer.
  • Usahakan burung terbang bolak balik minimal 25kali
Itulah 6 manfaat umbaran bagi burung berkicau yang mungkin belum Anda ketahui. Lakukan pengumbaran burung minimal 4 kali dalam seminggu, namun akan lebih baik lakukan setiap hari agar burung lebih prima kesehatannya.
Tag : Perawatan, Tips