Perawatan Harian Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Keras

Pola perawatan harian burung lovebird agar bisa ngekek panjang serta memiliki suara keras sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Hanya butuh ketelatenan sang pemelihara dalam melakukan perawatan sehari-hari seperti memandikan dan menjemur lovebird.

cara merawat lovebird agar ngekek panjang

Pada postingan sebelumnya telah dibahas bagaimana cara memilih lovebird berprospek bagus (silahkan yang belum baca dapat dilihat Disini), Sekarang kita bahas cara perawatan agar burung lovebird pilihan Anda mampu berkicau atau ngekek panjang dan bersuara keras. Pola perawatan lovebird ini kami kutip dari pakar/Master Lovebird Fighter.

Cara Merawat Lovebird


1. Pola Makan Harian
Makanan harian untuk lovebird yaitu hanya dengan Milet Putih. Anda tidak perlu memberi makanan macam-macam seperti biji-bijian canary seed, fumayin, atau yang lainnya. Sedangkan untuk minum berikan air putih yang sudah dimasak atau air mineral.

2. Memandikan Lovebird
Untuk pemandian burung ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. Pertama dengan cara menyemprot burung dengan sprayer, kedua dengan cara alami/mandi sendiri (menyediakan bak/tempat mandi burung).

Pemandian lovebird dilakukan pagi hari, kemudian menjemurnya hingga bulu burung terlihat kering. Pada sore hari, Anda juga dapat melakukan proses pemandian lovebird kembali.

3. Olahraga Lovebird
Guna mendapatkan tubuh yang sehat, burung juga perlu melakukan olahraga. Hal ini sangat penting karena selain menyehatkan, olahraga juga diyakini dapat membuat burung menjadi gacor, menambah durasi kicauan dan memperkeras suara burung.

Caranya adalah dengan memasukan lovebird kedalam kandang umbaran, kemudian buat siburung agar mau terbang bolak-balik kurang lebih selama 25kali. Jika burung sudah terlihat lelah, biarkan dia untuk tenang dan jangan diberi makan dan minum terlebih dahulu. Kemudian setelah burung sudah rileks/tidak terlihat ngos ngosan, baru masukan kesangkar harian. Beri makanan milet putih, air putih, dan EF tambahan bisa ketimun, daun bayam atau daun gingseng.

Lakukan olahraga ini 3 kali dalam seminggu, misalnya senin, rabu, jum'at. Jadi pada setiap hari tersebut diusahakan burung berolahraga dikandang umbaran setiap pagi hari.

Lihat juga: Suara Lovebird Durasi Panjang Plus Isian

Itulah tips perawatan harian burung lovebird agar ngekek panjang dan keras ala Master Lovebird Fighter. Semoga bagi Anda yang masih pemula dan masih biangung cara merawat burung jenis paruh bengkok ini dapat melakukan pola perawatan yang disebutkan diatas.