Ini Dia Ciri Burung Lovebird Berprospek ala Master Lovebird Fighter

Seringkali para peminat burung lovebird khususnya yang pemula masih bingung mengetahui ciri-ciri lovebird yang berprospek (bermental juara/fighter saat diperlombaan). Hal yang perlu di ingat sebelum membeli burung lovebird atau burung berkicau jenis lainnya adalah kita harus tahu terlebih dahulu, seperti apa sih bentuk tubuh, bulu, dan kaki burung yang bagus. Anda dapat menanyakan kepada orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia perburungan atau setidaknya cari-cari di Internet.

ciri-ciri burung lovebird prospek
Photo: Master Lovebird Fighter
Kembali kemasalah ciri burung lovebird yang bagus, bermental fighter atau berprospek. Banyak mitos yang beredar bahwa agar burung lovebird bermental fighter saat diperlombaan, maka mandikanlah pada malam hari, kasih makanan penggacor atau obat penggacor. Sebenarnya hal tersebut boleh saja dilakukan, namun tidak menjamin burung Anda akan menjadi gacor layaknya iklan obat burung tersebut.


Baca juga artikel: Solusi Lovebird Tidak Mau Bunyi Saat Lomba

Burung berprospek atau bermental bagus dan mau fighter saat diperlombaan sebenarnya ada ciri khusus dan tidak lupa perlakuan dalam perawatan juga harus benar. Perawatan burung fighter juga tidaklah rumit, karena yang dibutuhkan hanyalah burung tetap dalam kondisi sehat/fit.

Sebelum membahas ciri-ciri lovebird berprospek bagus atau fighter ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang burung berparuh bengkok ini. Lovebird adalah burung yang memiliki perilaku manja, jadi Anda harus tahu bagaimana memperlakukan burung ini. Misalnya, jangan sering-sering mengubah pola setingan perawatan (mandi, penjemuran, porsi makan), karena akan membuat burung menjadi stress dan tidak mau bunyi. Selain itu, Lovebird merupakan burung yang senang berkumpul/berkoloni, jadi sesekali Anda dapat menyatukannya dengan burung lovebird betina. Penyatuan ini juga bermanfaat untuk menambah birahi maupun mengurangi birahi.

Ciri-Ciri Lovebird Yang Bagus/Berprospek/Fighter


Setelah kita bahas mitos dan perilaku burung pemakan biji-bijian ini, sekarang kita bahas ciri burung yang bagus ala Master Lovebid Fighter:

Hal pertama yang perlu Anda pahami sebelum melihat cirri atau bentuk lovebird berfighter adalah: “Lovebird Fighter  Tidak Bisa Di Ciptakan Manusia, Karena Lovebird Fighter Adalah Bawaan Dari Lahir Dengan Ciri-ciri Fisik Seperti Yang Ada Di Foto dibawah Ini”.

ciri-ciri lovebird yang bagus
Photo: Master Lovebid Fighter
  • Warna bulu bebas tidak menentukan fighter atau bukan. Yang penting lihat postur tubuh (lihat gambar diatas), kepala besar, leher panjang dan padat, ujung sayap melengkung keatas, ekor panjang turun kebawah (melewati tangkringan) baik saat keadaan basah maupun kering, sehingga jarak antara ujung sayap dan ekor berjauhan.
  • Perhatikan saat burung lovebird diam/bertengger ditangkringan yaitu ekor tidak mau naik keatas menempel ke ujung sayap.

Jika kondisi fisik sama dengan yang sudah disebutkan diatas, maka burung tersebut akan cerewet karena karakter lovebird fighter itu cerewet. Sedangkan untuk masalah jenis kelamin bebas, baik jantan atau betina akan sama-sama cerewet jika postur tubuh sama dengan ciri-ciri diatas. Selanjutnya adalah Anda harus lakukan perawatan yang benar, lihat cara perawatan harian burung lovebird agar ngekek panjang dan keras DISINI
Tag : Lovebird, Tips