Cara Perawatan Burung Samyong Agar Gacor Plus Suara Masteran

Cara Perawatan Burung Samyong Agar Gacor Plus Suara Masteran. Tidak sedikti orang yang belum mengetahui jenis burung ini, kenapa? karena burung ini memang tidak sepopuler burung berkicau seperti murai, cucak ijo, kacer, kenari, dan lain-lainnya yang sering diperlombakan. Namun, jika Anda sudah mendengar ocehan/kicauan burung ini tentu akan tertarik dan ingin memeliharanya.

burung samyong gacor

Burung samyong gacor memiliki keindahan dan banyak variasi suara yang dikeluarkan, oleh sebab itu burung ini juga sering disebut sebagai burung 1001 suara. Samyong sendiri merupakan burung asli Indonesia yang habitatnya banyak ditemukan diaerah timur Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Bagi yang penasaran, seperti apa suara kicauan burung ini silahkan tonton video dibawah ini atau Anda juga dapat mendownload file mp3 yang kami sediakan sebelum membahas tentang cara perawatan burung samyong:

  • Download suara burung samyong hutan - Disini
  • Download suara burung samyong rawatan - Disini
Perawatan burung samyong memang tidaklah berbeda dengan jenis burung lainnya, namun bagi yang masih pemula tentu akan merasa kesulitan karena banyak ditemukan kasus burung samyong mati saat beberapa hari di rawat.

Burung samyong sendiri pada alamnya merupakan burung pemakan serangga seperti jangkrik, belalang, kroto. Oleh karena itu wajib bagi Anda jika ingin memelihara burung samyong agar tetap sehat dan fit harus menyediakan serangga tersebut.

Untuk yang memelihara samyong bakalan atau baru dari tangkapan hutan, sebaiknya jangan terlalu memaksakan burung untuk memakan voer. Lakukan sedikit demi sedikit agar burung tidak stress dan cepat beradaptasi. Untuk masalah mandi dan penjemuran lakukan sama seperti perawatan burung berkicau lainnya.

Cara Agar Burung Samyong Rajin Bunyi/Gacor

  1. Burung samyong dialam liar memang rajin bunyi, namun belum tentu jika saat ditaruh di dalam sangkar karena. Oleh sebab itu diperlukan perawatan yang setidaknya mirip saat berada di alam liar, misalnya menaruh sangkar ditempat yang banyak pohon atau dekat dengan kamar mandi.
  2. Cara lainnya yang kami kutip dari para anggota grup Komunitas Burung Samyong Indonesia antara lain:
  3. Jangan memberi makan voer, ganti makanan tersebut dengan EF (Jangkrik, Kroto, Ulat Kandang, Ulat Hongkong, atau Ulat Bambu). Kenapa harus full EF? karena burung samyong termasuk jenis burung yang memiliki metabolisme tinggi, sehingga membutuhkan asupan protein yang cukup untuk aktifitasnya. Lebih baik untuk fokus dalam hal penjinakkan daripada mengajari makan voer.
  4. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan voer bisa diatasi dengan menambahkan tepung jangkrik kedalam voer tersebut.
  5. Cara lain agar samyong gacor adalah dengan mengganti voer burung dengan makanan/pelet lele. EF: Pagi (Jangkrik), Siang (UH), dan Sore (Jangkrik). Mandi 2 kali sehari, jemur cukup 15 menit. Malam hari burung dikerodong.
Lihat juga artikel: Ciri-ciri Burung Lovebird Fighter
Itulah beberapa cara perawatan burung samyong agar gacor/rajin bunyi yang bisa Anda terapkan. Semoga sukses