Tips Ampuh Mengatasi Lovebird yang OB (Over Birahi)

Setelah sekian banyak cara dilakukan untuk mengatasi burung lovebird yang OB (over birahi) dan hasilnya tidak memuaskan, Anda dapat mencoba cara ampuh ala para master LB. Cara ini tergolong sangat mudah namun terbukti banyak yang berhasil menstabilkan birahi burung.

mengatasi lovebird over birahi

Perlu diketahui sebelumnya bahwa lovebird over birahi akan berkelakuan galak dan menjadi jarang berbunyi atau tidak gacor. Jika kondisi tersebut tidak segera di atasi tentu akan merugikan Anda khususnya jika akan dilombakan. Oleh karena itu berikut tips mengatasinya yang kami kutip dari Master Lovebird Fighter.

Sistem untuk menstabilkan birahi burung lovebird adalah dengan metode koloni, yaitu mencampurkan dengan lovebird lain dalam satu kandang. Anda dapat mencampurkan dengan LB betina maupun jantan. Cara penanganan dengan system koloni sudah banyak dilakukan oleh para master lovebird guna menurunkan birahi yang berlebihan.

Selain itu, dalam proses pengkolonian dalam pemberian pakan cukup hanya berupa milet putih saja dan air putih untuk minumnya. Jika dirasa kondisi birahi lovebird sudah stabil maka dapat Anda pisahkan kembali.
Sedangkan waktu pemandian, lakukan pada saat malam hari sekitar jam 21.30-22.00 WIB dengan cara dipegang. Mandikan burung menggunakan air kran secara langsung, namun jangan sampai terlalu basah pada bagian kepalanya dan hindari masuknya air kedalam hidung serta telinga. Pola pemandian pada malam hari ini bertujuan agar lovebird menjadi kuat mental fighternya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Berbunyi Saat Diarena Lomba

Itulah cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi lovebird over birahi menggunakan system koloni. Semoga bermanfaat dan LB Anda segera dapat kembali moncer dalam perlombaan.