Ramuan Manjur Untuk Anis Merah Macet Bunyi

Wah anis merah gacorku dan mampu teler tiba-tiba tidak mau berkicau atau macet bunyi. Tentunya keadaan tersebut akan membuat Anda menjadi bingung “ada apa dengan burung kesayangan saya. Padahal sehari sebelumnya masih gacor dan bergaya mabuk saat sedang berkicau?” Itu menjadi salah satu pertanyaan yang sering timbul jika secara tiba-tiba burung gacoannya enggan berbunyi.

cara membuat ramuan untuk anis merah macet bunyi

Kondisi macet bunyi pada burung secara umum banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain adalah menurunnya mental sang burung, kondisi cuaca, pemberian obat-obatan yang mengandung bahan kimia secara berlebihan serta dalam proses mabung. Anis merah macet bunyi yang dikarenakan penurunan mental atau kondisi cuaca yang tidak bersahabat bisa dilakukan perawatan menggunakan ramuan.

Ramuan ini merupakan resep dari pecinta anis merah bung Ismu Prabowo yang kami kutip dari group AMZ. Berikut bahan, cara membuat ramuan dan cara pemberiannya.

Bahan ramuan untuk mengatasi anis merah macet bunyi

1.    Daun Gingseng (segenggam tangan)
2.    Daun Mengkudu (segenggam tangan)
3.    Buah Mengkudu yang sudah matang (2 buah)
4.    Biopolen/Propolis (seperempat botol)
5.    Vitamin E (1 tablet)
6.    Vitamin B (1 tablet)

  • Cara membuat ramuan untuk anis merah macet bunyi
Rebus daun gingseng, daun mengkudu, dan buah mengkudu dengan ditambahkan air 1 gelas. Biarkan sampai mendidih dan air berkurang hingga setengah gelas, setelah itu diperas dan buang ampasnya. Kemudian air perasan tersebut dimasukan dalam botol, setelah itu masukan vitamin E, B dan biopolen/propolis kedalam botol tersebut (kocok hingga tercampur secara merata).

  • Penggunaan ramuan
Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan meneteskan ke paruh burung (3 tetes) sebelum anis merah dimasukan keramba pada pagi hari. Lakukan cara ini selama 2 minggu. Pada minggu ke-1 burung jangan dikerodong, jangan diberi EF dan buah. Pada minggu ke-2 berikan EF sebanyak-banyaknya (kurang lebih 15 ekor).

Baca juga: Anis Merah Over Emosi, Ciri dan Penanganannya

Tambahan:
Saat proses perawatan anis merah macet bunyi, taruh burung didekat media TV atau radio yang sering Anda gunakan. Jika burung anis merah Anda jantan dan sudah pernah berbunyi biasanya akan mulai ngeriwik. Perawatan pada minggu ke-2 lakukan secara rutin pengembunan dari jam 5-7 pagi, setelah itu lakukan pemberian ramuan dan masukan kedalam keramba. Setelah proses perawatan selama 2 minggu, lakukan perawatan seperti biasa. Beri buah papaya senin sampai rabu dan kamis sampai minggu berikan buah apel atau buat selang seling agar burung tidak bosan. Lakukan juga pemberian EF seperti cacing 2 pagi dan sore.

Itulah cara mengatasi burung anis merah yang macet bunyi menggunakan ramuan buatan sendiri. semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda dalam melakukan perawatan burung yang sedang kurang fit.