Gunakan Terapi Lapar Untuk Jinakan Burung Jalak Suren Giras

Menjinakan burung jalak suren yang giras dengan metode terapi lapar. Mungkin Anda sering mendengar cara membuat burung giras menjadi jinak atau mau memakan makanan langsung dari tangan sang pemilik. Salah satu cara yang sering digunakan untuk proses penjinakan adalah dengan teori lapar.

Menjinakan burung jalak suren_98002154

Jika Anda mempunyai jalak suren yang giras, cobalah untuk menerapkan teori lapar ini agar burung jalak suren Anda menjadi jinak dengan catatan burung yang akan diterapi bukan burung yang baru ditangkap dari alam liar. Berikut tata caranya:
  • Pada pukul 5 pagi, burung jalak suren diembunkan dan ambil tempat makan dan minum dari kandang.
  • Pukul 7 pagi, masukan tempat khusus untuk mandi yang diisi air kedalam sangkar. Hal tersebut bertujuan agar burung mandi sendiri (jika belum terbiasa bisa dipancing dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer)
  • Setelah burung melakukan mandi kemudian di jemur dan jangan lupa ambil tempat mandi terlebih dahulu untuk menghindari air bekas mandi diminum oleh burung.
  • Setelah proses penjemuran yang dilakukan sekitar 2-3 jam, kasih makan burung jalak suren dengan jangkrik. Caranya dengan memberikan langsung melalui tangan Anda dari luar sangkar. Lakukan hal tersebut sampai burung berani memakan jangkrik yang ada di tangan.
  • Jika burung sudah tidak malu-malu lagi memakan makanan dari tangan Anda, langkah selanjutnya adalah memberi makan dengan memaskukan tangan ke dalam sangkar. Perlu diperhatikan, sebelum memberi makan sebaiknya burung digoda terlebih dahulu dengan cara memainkan tangan kita yang menggenggam jangkrik agar burung mau bertengger di tangan untuk mengambil jangkrik. Lakukan pelatihan tersebut secara rutin hingga burung jalak suren benar-benar jinak.
  • Setelah memberi makan langsung dengan tangan selesai, kemudian masukan kembali tempat makan dan minum. Lalu gantang ditempat yang ramai.
  • Pada sore hari sekitar pukul 3, kembali lakukan proses sama seperti saat dipagi hari. Mandi dan jemur dengan mengosongkan sangkar dari makanan serta minuman.
  • Sekitar jam 5 sore, lakukan kembali pemberian jangkrik dengan cara sama seperti saat pagi hari.
Lihat juga: Koleksi Mp3 Suara Jalak Suren

Keberhasilan penerapan terapi lapar untuk menjinakkan burung jalak suren ini tergantung dari karakter burung tersebut dan juga faktor usia. Jika burung masih muda maka akan lebih mudah untuk dijinakkan tetapi jika burung sudah tua maka diperlukan kesabaran ekstra dalam melakukan metode ini. (artikel dikutip dari group JUSS)