Lovebird Tidak Mau Bunyi Saat Di Arena Lomba: Analisa Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Semangat untuk meraih nilai baik saat membawa burung lovebird ke arena perlombaan menjadi pupus karena lovebird jagoannya tidak mau mengeluarkan bunyi ngekek saat sedang ikut kontes. Situasi tersebut memang sering terjadi pada hampir setiap jenis burung berkicau.

mengatasi lovebird tidak bunyi di lapangan_820154

Guna mengatasi burung lovebird yang tidak mau bunyi saat di arena lomba, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui atau pahami terlebih dahulu, antara lain:

Memahami Karakter Burung Lovebird


Ini merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Memahami karakter burung yang Anda pelihara misalnya adalah mengamati kapan burung Anda senang berkicau (apakah setelah dimandikan atau tidak dimandikan, saat birahi atau tidak dalam keadaan birahi, saat diberikan EF atau sebaliknya, dan lain-lain). Dengan memahami karakter burung, maka setidaknya kita bisa melakukan persiapan matang saat akan membawanya ke tempat lomba.

Baca juga:  Tips Mempercantik Suara Lovebird

Penyebab Umum Love Bird Tidak Bunyi Saat Di Arena Lomba


Secara umum burung LB yang tidak mau bunyi saat diarena lomba adalah OB (Over Birahi). Terjadinya over birahi pada burung yang akan dilombakan tentu dapat membuat peforma atau kinerja burung menjadi tidak baik saat dilapangan, seperti melakukan ngeruji dan menabrak sangkar. Jika burung Anda sedang dalam kondisi OB, maka cobalah melakukan hal berikut:

Mengawinkan: Menyatukan burung lovebird dalam satu kandang dengan pasangannya hingga bertelur dan secara otomatis birahinya hilang. Akan tetapi cara ini tidak bagus untuk Lovebird yang tujuannya untuk lomba, karena jika sudah dikawinkan kondisi birahi akan cepat datang kembali. Selain itu, burung LB yang sudah dikawinkan juga biasanya suara menjadi serak.

Memandikan: Menghilangkan atau mengurangi birahi yang terbaik adalah dengan memandikannya secara rutin.

Baca juga: Cara Simple Memancing Ngekek Burung Lovebird

Memahami Karakter Siap Tempur Burung

Kondisi Sayap: Lovebird yang sudah siap fisik untuk dilombakan yaitu kedua sayap burung saling menyilang. Jika kondisi sayap seperti itu maka menandakan bahwa burung tersebut sedang dalam kondisi prima (fisik dan mental).

Memancing Burung: Burung yang selalu gacor dirumah memang tidak bisa menjadi patokan burung tersebut akan tampil menawan dan gacor saat di arena lomba. Oleh karena itu kita perlu memancing burung saat akan dilombakan agar kondisinya menjadi bermental fighter dan membuatnya berbunyi, caranya adalah:
  • Lovebird di trek dulu sebelum naik gantangan.
  • Lovebird di gantung/di sendirikan agar dia merasa tenang
  • Lovebird di full kerodong dan di buka saat di gantang
  • Lovebird mesti di cas dulu dengan pasangannya
Pilihlah cara diatas sesuai dengan karakter burung lovebird Anda agar dapat tampil optimal saat diarena lomba dan tentunya dapat mengeluarkan bunyi yang indah. Artikel dikutip dari KLIKP (Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Pati)
Tag : Lovebird, Tips