Mengatasi Burung Trucukan Yang Macet Bunyi

Momok yang sering mengganggu para pemelihara burung berkicau salah satunya adalah saat burung peliharaannya mengalami macet bunyi. Hal tersebut dapat dialami oleh semua jenis burung berkicau seperti pada burung trucukan. Bagi Anda yang sudah terbiasa menangani burung trucukan macet bunyi tentu tidak akan merasa khawatir, namun bagi pemula yang baru memelihara pastinya akan was-was melihat burung trucukan yang setiap harinya gacor serta bersuara ropel tiba-tiba diam didalam sangkar.

perawatan trucukan yang macet bunyi_65987

Kondisi macet bunyi pada burung berkicau secara umum sama, yaitu karena burung stress, adanya gangguan pada tenggorokan, serta sedang terkena penyakit. Namun yang sering dan umum terjadi pada trucukan macet bunyi kebanyakan karena burung dalam kondisi stress.

Perawatan Trucukan Macet Bunyi


Apa yang harus dilakukan jika burung trucukan macet bunyi karena stress? Berikut ada tips perawatan yang bisa Anda lakukan pada trucukan atau crocokan dari para pemelihara burung trucukan yang sukses menangani kondisi ini.
  1. Embunkan secara rutin burung trucukan yang macet bunyi setiap pagi, yaitu taruh kandang diluar sebelum matahari terbit.
  2. Hentikan pemberian voer untuk sementara pada trucukan yang macet bunyi. Cukup beri makanan buah (pisang dan papaya) dan EF (ekstra fooding) saja.
  3. Pemberian buah diusahakan bergantian antara buah pisang dan papaya, misalnya hari ini pisang maka besoknya beri buah papaya.
  4. Ekstra fooding atau EF bisa menggunakan kroto. Pemberian kroto cukup 2 atau 3 hari sekali pada waktu pagi dan sore sebanyak 1 sendok teh.
  5. Pada saat penjemuran, letakkan sangkar ditanah. Hal ini bertujuan agar burung cepat beradaptasi kembali dengan lingkungan sekitar.
  6. Untuk memancing bunyi, perdengarkan suara master burung trucukan. Anda bisa menggunakan music box atau pemutar audio lainnya. Jika Anda belum mempunyai suara master burung trucukan, Anda bisa dapatkan diartikel Top Suara Ropel Burung Trucukan 
  7. Terakhir, burung dikerodong saat akan dimasukan kedalam rumah.
Itulah cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi trucukan yang macet bunyi. Lakukan cara tersebut secara rutin agar burung trucukan Anda kembali berkicau dengan gacor.
lihat juga: Melatih Mental Trucukan Agar Nggaruda