Tips Menjinakan Burung Poksay Giras

Jenis burung berkicau yang memiliki suara merdu dan keras salah satunya adalah burung poksay. Burung ini juga dikenal dengan kegirasannya sehingga butuh waktu lama untuk menjinakkannya. Jika Anda mempunyai burung poksai yang dalam kondisi giras, Anda dapat mencoba tips menjinakan burung berikut.

tips jitu menjinakan burung poksay 32165987

Langkah Mudah Menjinakan Burung


1.  Kandang
Saat Anda membeli burung yang masih giras seperti poksay yang memang sangat liar kalau sedang ketakutan, maka sebaiknya tempatkan pada kandang yang tidak terlalu besar. Kemudian buat tangkringan atau tenggeran bertingkat 2 dengan cara menyilang.

Isi tempat minum dan juga tempat makan dengan voor (jika masih belum makan voor maka kasih jangkrik atau ulat hongkong, kemudian campurkan dengan voor yang halus). Cara ini agar burung poksay giras karena stress maupun kelelahan saat baru ditangkap atau dibawa pulang tercukupi makanannya. Sesudah itu, burung dikerodong dan biarkan beristirahat (jangan diganggu dulu setidaknya 1 hari).

2.  Penempatan Kandang/Sangkar
Ini merupakan salah satu metode yang memang banyak membuahkan hasil memuaskan dalam menjinakan burung yang giras, yaitu dengan menempatkan kandang tidak terlalu tinggi dari tanah dan ramai dilalui orang.

3.  Memandikan Burung
Disaat kita baru membeli burung dengan kondisi giras, maka jangan memandikannya terlebih dahulu. Anda dapat memandikan pada ke esokan harinya dan sebaiknya saat memandikan gunakan sprayer/semprotan yang keluar airnya halus, atau Anda dapat menaruh cepuk mandi di dalam sangkar sambil di gantang di bawah sinar matahari (sebelum jam 11 siang).

4.  Lingkungan
Usahakan jangan menempatkan burung pada tempat yang terlalu bising terlebih dahulu dan tempat yang banyak binatang pengganggu lainnya seperti kucing. Karena jika mental burung belum kuat maka usaha untuk menjinakkan burung tidak akan berhasil.

5.  Melatih Burung
Tips menjinakan burung poksay giras yang terakhir adalah melatihnya memakan makanan langsung dari tangan kita. Caranya bisa Anda lihat pada artikel Cara Menjinakan Burung Kacer.
Tag : Perawatan, Poksay