Pleci Salto Atasi Dengan 3 Metode Ini

Seseorang yang mampu melakukan gerakan salto merupakan hal yang patut kita acungi jempol, namun jika salto dilakukan oleh seekor burung pleci di dalam sangkarnya itu merupakan tanda adanya gangguan pada burung tersebut, ini perilaku yang tidak baik untuk jenis burung peliharaan. Selain tidak enak untuk dilihat, pleci salto biasanya juga jarang untuk mengeluarkan bunyi kicauannya.

cara mengatasi pleci salto_33245

Burung yang melakukan gerakan salto biasa terjadi pada pentet/cendet, pleci, serta ciblek. Namun sebenarnya semua burung juga dapat melakukan gerakan tersebut saat di dalam sangkar, karena gaya salto dilakukan oleh burung yang sedang mengalami gangguan atau ketidaknyamanan pada tubuh maupun kondisi mentalnya. Secara umum gerakan salto pada burung seperti pleci biasanya karena sedang mengalami stress atau over birahi.

Baca juga artikel: Ciri Burung Over Birahi

Bagaimana cara mengatasi burung pleci salto


Pemelihara burung pleci tentu sangat tidak menginginkan peliharaannya gemar melakukan salto di dalam sangkar. Kebiasaan tersebut sebisa mungkin harus segera di atasi, karena dapat mengganggu kinerja sang burung dalam berkicau serta tidak nyaman untuk dilihat. Selain itu gerakan salto burung didalam sangkar juga akan membuat pusing kepala jika terus-terusan dilihat.

Ada berbagai cara atau metode untuk mengatasi pleci salto yang bisa Anda lakukan. Namun kami tidak menjamin akan keberhasilan pada burung Anda karena permasalahan salto pada burung memang tidak mudah untuk dipulihkan. Akan tetapi berusaha untuk menyembuhkan merupakan hal yang harus kita lakukan. Berikut 3 metode untuk mengatasi pleci salto yang kami kutip dari JPC, cara ini juga bisa Anda terapkan pada burung jenis lainnya:

Metode 1
Menaruh karet gelang atau juga bisa menggunakan benang secara melintang di bagian bawah atap sangkar/kandang. Bentangkan 2-5 buah karet/benang sejajar dengan posisi tangkringan.

Metode 2
Jika cara pertama sudah Anda lakukan namun burung pleci masih tetap salto cobalah untuk menggunakan metode berikut: taruh kepingan CD/VCD atau apapun yang bentuknya mirip di atap bagian dalam kandang pleci.

Metode 3
Cara ketiga yaitu mengganti tangkringan sesuai dengan yang pleci sukai, tanda yang bisa kita lihat yaitu pleci akan tenang saat bertengger dan tidak langsung loncat-loncat melakukan gerakan salto.

Baca tips perawatan burung pleci lainnya:

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pleci salto diantaranya dengan menutup kandang bagian atas atau mempersempit ruang gerak dengan menambahkan beberapa tangkringan di dalam sangkarnya. Perlu diketahui bahwa seperti yang sudah dikatakan diatas, cara tersebut tidak menjamin keberhasilan. Namun tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya.
Tag : Perawatan, Pleci