Tips Membuat Pleci Mengeluarkan Suara Isian

Pleci merupakan burung cerdas yang dapat meniru suara burung lainnya. Pemasteran menjadi hal yang wajib dilakukan oleh sang pemelihara kalau ingin kicauan pleci bervariasi. Namun terkadang kita tidak memahami karakter suara pleci milik kita sendiri, sehingga saat melakukan pemasteran tidak sesuai dengan gaya berkicau pleci itu sendiri. Hal tersebut tentu tidak akan memuaskan hasilnya. Jalan terbaik dan harus anda lakukan adalah ketahui dahulu jenis atau tipe pleci Anda, apakah bertipe ngeroll atau ngalas.

suara-isian-master-burung-pleci

Setelah Anda yakin dengan tipe pleci yang dimiliki, kemudian baru bisa Anda tentukan jenis suara burung yang akan dijadikan sebagai master. Jika burung pleci Anda bertype ngeroll, maka yang akan dijadikan burung master juga harus yang memiliki tipe ngeroll misalnya kenari, kolibri, serta blackthroat. Sedangkan pleci dengan tipe ngalas, pemasteran dengan menggunakan jenis burung seperti kacer, tledekan, cucak ijo atau murai.

Lihat juga:
Suara Master Untuk Burung Pleci
Cara Cepat Membuat Pleci Buka Paruh Dan Ngeroll
 

Pleci jarang mengeluarkan suara isian


Terkadang kita sudah bekerja ekstra keras dalam memaster, namun burung pleci kesayangan jarang sekali mengeluarkan suara isian jikalau mengeluarkan isianpun bunyinya tidak full. Jika hal tersebut terjadi pada burung pleci Anda, cobalah lakukan tips dari M Ronald Hadjarati dikutip dari JPC (Jakarta Pleci Community) berikut:

  • Melakukan pemasteran secara rutin
Pemasteran burung pleci dilakukan dengan satu jenis suara dalam satu minggu. Kemudian pada minggu berikutnya bisa diganti dengan jenis suara burung lainnya, begitu seterusnya.

  • Gantang diantara burung pleci lainnya
Layaknya seorang penjual jamu yang sedang dikelilingi oleh para calon pembeli maka akan terus berkicau untuk meyakinkan pembelinya. Gaya seperti ini juga dapat diterapkan pada burung pleci Anda. Gantang burung pleci setiap hari di tengah-tengah burung pleci lainnya.

  • Pengumbaran
Pengumbaran memang sangat bagus untuk melatih nafas burung pleci sehingga mampu berkicau dengan durasi panjang sehingga memungkinkan sang pleci mengeluarkan suara isian. Lakukanlah pengumbaran setiap hari antara pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Pengumbaran bisa Anda lakukan bebarengan dengan penjemuran, taruh pleci pada kandang berukuran besar dan posisi tangkringan dibuat saling berjauhan. Saat melakukan pengumbaran sebaiknya sambil diperdengarkan suara master.

Baca juga artikel: Merias Kualitas Suara Pleci

Itulah cara membuat pleci mau mengeluarkan suara isian. Lakukan cara tersebut secara rutin dan berikan voer dan buah-buahan yang dalam kondisi segar serta makanan tambahan (EF) agar kondisi tubuh pleci tetap bugar.
Tag : Pleci, Tips