Solusi Hilangkan Kutu Pada Burung Kicauan

Burung berkicau jika terkena kutu akan membuatnya menjadi jarang berbunyi karena mungkin lebih asyik melakukan didis akibat rasa gatal pada kulit, keadaan tersebut tentu sangat tidak baik bagi burung peliharaan. Kondisi burung yang terkena kutu juga akan membuat bulu-bulunya menjadi rusak, jika sudah terlalu parah akan berakibat timbulnya borok dan kebotakan.

menghilangkan-kutu-pada-burung_326588

Pada artikel yang pernah kami posting “Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Burung” telah dibahas cara membasmi kutu menggunakan air rebusan sirih, namun kali ini kami akan memberikan cara lain menghilangkan kutu pada burung dikutip dari pengalaman-pengalaman member kicaumania.or.id dalam menangani permasalah tersebut. Metode yang akan kami berikan sebagai alternative pengobatan jika Anda telah menerapkan cara penghilangan kutu menggunakan air rebusan sirih namun kutu masih tetap menyerang burung kicauan Anda.

1.  Menggunakan air bekas cucian beras
Menghilangkan kutu pada burung menggunakan air bekas cucian beras juga sangat efektif digunakan. Metode ini selain bahannya mudah didapat juga sangat aman bagi burung, caranya adalah dengan menyemprot burung menggunakan air beras. Lakukan pada siang hari sebelum burung dijemur.

2.  Menggunakan shampoo, tembakau, dan peditox (penghilang kutu rambut)
Caranya adalah dengan mencampurkan shampoo (khusus bayi) dengan air, kemudian oleskan pada bulu burung hingga basah. Langkah berikutnya adalah mencampurkan tembakau dan peditox (1 sendok teh) kedalam air (1 liter), lalu bilas burung yang telah diberi shampoo dengan air campuran tembakau dan peditox.

Setelah selesai jemur burung sampai bulu-bulunya kering. Lakukan cara ini 2 minggu sekali dan pada minggu-minggu berikutnya bisa disemprot dengan peditox yang dicampur dengan air saja. Membasmi kutu dengan cara ini memang sedikit ektrem karena jika tidak dilakukan secara hati-hati akan membuat burung anda keracunan, namun sudah banyak yang mencobanya dan terbukti berhasil.

3.  Menggunakan bedak khusus Anjing dan Kucing
Cara memakainya bukan dengan menaburkan ke tubuh burung, akan tetapi campurkan bedak dengan air (1 liter) dan aduk hingga rata. Kemudian masukan air campuran tersebut ke botol sprayer, kemudian pegang burung dan semprotkan air campuran tersebut pada bulu burung hingga merata. Dalam melakukan ini harus hati-hati jangan sampai terkena ke mata dan hidung burung.

4.  Menggunakan kapur ajaib
Kapur ajaib pembasmi serangga juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada burung. Caranya adalah dengan mengoleskan kapur (jangan diremuk) ke bulu dan bagian-bagian lipatan sayap dan kaki burung. Lakukan cara ini saat menjelang burung akan tidur (malam hari).

5.  Menggunakan air rebusan daun sirih dan air bekas cucian beras
Cara ini sama penggunaannya seperti pada cara ke-1, hanya kita mencampurkan air bekas cucian beras dengan air rebusan daun sirih dan menyemprotkannya pada burung yang terkena kutu.

Selamat mencoba beberapa alternatif solusi hilangkan kutu pada burung kicauan diatas dan selalu jaga kebersihan sangkar agar burung anda terbebas dari serangan kutu dan bakteri.
Tag : Perawatan