Ingin Sirtu Cepat Berbunyi? Lakukan Perawatan Ini

Meskipun memiliki tubuh kecil, burung yang memiliki nama berbeda-beda pada tiap daerah seperti sirtu, sirdung serta cipow ini sangat indah suara kicauannya. Burung yang memiliki warna bulu hijau muda dan warna hitam dan putih pada sayapnya ini juga dapat bergaya layaknya burung kacer saat bertarung. Namun untuk mendapatkan kualitas burung sirtu yang baik dan gacor tentu hal utama yang perlu diperhatikan adalah perawatan.

cara-merawat-burung-sirtu-cepat-gacor_32265

Sebenarnya perawatan burung sirtu agar gacor tidak jauh berbeda dengan merawat burung berkicau jenis lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah ketahui karakter burung terlebih dahulu, misalnya jika burung yang anda peroleh dari hasil tangkapan hutan maka penting hal penting yang pertama untuk dilakukan adalah melatih sirtu untuk dapat memakan voer dan menjinakkannya ( baca: 3 Cara Menjinakkan Burung Kacer). Akan tetapi jika sirtu sudah jinak, maka langkah selanjutnya adalah membuat burung agar mau mengeluarkan kicauannya.

Cara merawat sirtu cepat berbunyi (gacor)


Burung sirtu sebenarnya jenis burung yang mudah berbunyi, namun jika kita salah dalam melakukan perawatan tentu akan membuatnya enggan mengeluarkan kicauannya. Berikut beberapa tips perawatan burung sirtu agar cepat berbunyi yang kami kutip dari berbagai sumber:
  • Pemberian makanan, kasih voer 1 sendok tiap pagi dan sore hari. Selain itu berikan juga makanan tambahan (EF) seperti jangkrik (2 ekor pagi dan sore) atau UH/UK (2-3 ekor tiap hari). Dari berbagai pengalaman para pemelihara burung sirtu, jika ingin cepat berbunyi maka rajin berikan EF kroto.Selain pemberian makanan, pengembunan juga akan membuat sirtu cepat berbunyi. Lakukan pengembunan pada pagi hari (gantang burung diluar rumah sekitar pukul 5 pagi).
  • Setelah itu, sekitar pukul 7 pagi burung kita mandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer. (lihat kondisi cuaca, jika musim hujan sebaiknya jangan dimandikan)
  • Selesai memandikan, burung diangin-anginkan sampai bulu-bulunya sedikit mengering. Setelah kering, jemur burung hingga pukul 9.00 sampai 10.00.
  • Setelah itu taruh burung ditempat yang teduh dan perdengarkan suara burung sirtu lain yang sudah gacor atau bisa menggunakan media audio mp3 (bisa anda dapatkan disini).
  • Sore hari, kita mandikan kembali burung sirtu antara pukul 4.30, kemudian diangin-angikan agar bulunya kering dan masukan kedalam rumah atau bisa anda kerodong.
  • Malam hari bisa anda perdengarkan kembali suara burung sirtu.
Baca juga: Penjemuran Burung Pentingkah?

Selain perawatan diatas, anda juga bisa memberikan cermin kecil pada sangkar minimal 10 menit tiap hari agar burung sirtu cepat mengeluarkan bunyi atau gacor. Semoga bermanfaat.