Solusi Atasi Branjangan Macet Bunyi

Burung branjangan macet bunyi, permasalahan ini mungkin sedang terjadi pada burung branjangan peliharaan anda. Keadaan ini tentu akan membuat Anda menjadi gelisah dan khawatir, apalagi jika burung branjangan tersebut sedang Anda jadikan untuk memaster burung jenis lainnya.

menagatasi-branjangan-macet-bunyi_26454

Bagaimana cara mengatasi burung branjangan macet bunyi?


Cara mengatasi branjangan yang enggan berkicau memang sebaiknya dengan mengetahui permasalahannya secara langsung apakah karena adanya kutu, faktor lingkungan, makanan yang tidak sesuai, stress, asupan vitamin serta mineral yang kurang, dan lain sebagainya. Namun, sangat jarang kita mengetahui secara pasti penyebab burung menjadi macet bunyi. Oleh karena itu hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan mengevaluasi cara kita dalam merawat, baik dari segi makanan burung maupun kondisi lingkungan.

1. Kebersihan Kandang/Sangkar

Hal terpenting dalam merawat burung salah satunya adalah menjaga kebersihan kandang atau sangkarnya. Lakukan pembersihan kandang dari kotoran setidaknya 2 hari sekali, karena kandang yang kotor akan memudahkan kutu dan bakteri berkembang biak.

2. Ganti Pasir atau Batu Bata

Mengganti pasir/batubata dengan yang baru dan terbebas dari kuman, telur cacing, dan kutu. Pastikan pasir/remukan batu bata dijemur atau di goreng (tanpa minyak goreng) terlebih dahulu agar telur cacing dan kuman mati. Lakukan penggantian 2 -3 minggu sekali.

3. Burung Terkena Kutu

Branjangan yang terkena kutu biasanya akan berkelakuan gelisah. Untuk mengatasi branjangan macet bunyi akibat terkena kutu maka lakukan penyemprotan menggunakan air daun sirih pada sore hari. Jika burung sudah agak kering bulu-bulunya setelah disemprot, segera dikerodong.

4. Ganti Makanan dan Air Minum

Cek kondisi pakan dan minuman pada wadah, ganti dengan yang baru setiap harinya. Banyak pemelihara burung yang mengabaikan hal ini, sehingga sering kita jumpai kondisi wadah air minum berlumut.

5. Gantang Yang Tinggi

Jika pola rawatan yang anda lakukan sudah sesuai namun brajngan masih macet bunyi, cobalah untuk menggantangnya yang tinggi. Anda bisa mengereknya seperti burung perkutut, yang pasti gantang jauh dari tanah.

6. Belalang Sawah

Sebenarnya pakan utama burung branjangan di alam liar adalah belalang sawah, untuk itu cobalah beri belalang sawah yang berukuran kecil agar mudah dimakannya.

7. Dekatkan dengan Branjangan Betina

Secara normal burung akan bergairah bila didekatkan dengan lawan jenisnya, oleh karena itu cobalah untuk mendekatkan branjangan jantan yang macet bunyi dengan branjangan betina agar kembali bergairah dan mengeluarkan kicauannya untuk memikat sang betina.

Baca juga: Rawatan Tepat Agar Branjangan Cepat Bunyi

Lakukanlah perawatan yang baik dan rutin agar burung branjangan kesayangan anda tidak macet bunyi, semoga bermanfaat.