Penjemuran Burung pentingkah?

Kondisi fisik yang sehat disertai mental yang prima menjadi salah satu faktor penting seekor burung ocehan mengeluarkan kicauan. Menjaga kondisi agar burung selalu dalam kondisi sehat baik fisik maupun mental menjadi tanggungjawab yang harus dilakukan oleh para pemeliharannya, tentunya agar keindahan suara ocehannya dapat dinikmati.

pentingnya-penjemuran-burung_3265447

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan kepada burung peliharaannya, misalnya dengan memberikan makanan yang cocok bagi jenis burungnya karena setiap jenis burung tentu berbeda makanan utamanya. Sebagai contoh burung kenari makanan utamanya adalah biji-bijian sedangkan burung jenis murai makanan utamanya adalah voer. Selain pemberian makanan utama, pemelihara juga bisa memberikan makanan tambaha (EF) guna memperlengkap asupan nutrisi pada burung dan juga vitamin. (baca juga Pentingnya Vitamin Bagi Murai Batu)

Proses Metabolisme Melalui Penjemuran


Ada hal lain yang juga sangat penting dalam menjaga kondisi burung agar tetap sehat, yaitu pemandian dan penjemuran. Namun kali kami akan membahas pentingnya penjemuran bagi burung. Penjemuran merupakan cara terbaik bagi system metabolisme burung. Lakukanlah penjemuran burung peliharaan anda pada waktu pagi hari, dimulai pukul 7 pagi hingga pukul 9.30. Pada jam-jam tersebut sinar matahari sangat baik untuk melakukan proses penjemuran, sedangkan setelah jam tersebut disarankan untuk tidak melakukan penjemuran. Sinar matahari pada waktu siang tidak baik bagi bagi burung karena panas yang ditimbulkan sudah sangat melampaui batas bagi kondisi burung.
Penjemuran yang dilakukan pada saat sinar matahari sangat panas antara pukul 11 hingga pukul 2.30 dapat membuat burung sakit, suara serak, bulu menjadi kusam, dan yang sangat mengerikan adalah bisa mengakibatkan pembulu darah burung pecah.

Jika dalam waktu pagi kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan penjemuran, misalnya karena hujan maka bisa dilakukan pada sore hari sekitar pukul 4 sore hingga menjelang senja.

Rawatlah dengan baik burung kicauan Anda, berikan makanan yang segar dan selalu bersihkan sangkar dari kotoran agar burung merasa nyaman dan tentunya akan senang mengeluarkan kicauan indahnya setiap hari. (Baca juga artikel Tips Menjaga Kualitas Murai)
Tag : Perawatan