Tips Memilih Hewan Peliharaan sesuai Kebutuhan

Mempunyai hewan peliharaan termasuk hal yang menyenangkan. Kita bisa mengajaknya bermain, bercanda, dan merasa ada suatu kebahagiaan tersendiri ketika hewan peliharaan tumbuh dan berkembang.

cara-memilih-hewan-peliharaan_3265487

Namun apabila Anda ingin memiliki hewan peliharaan, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu jenis hewan peliharaan apa yang akan dimiliki. Memilih jenis hewan atau binatang peliharaan bukanlah hal yang asal-asalan. Ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan, agar tidak merugikan diri Anda, ataupun untuk peliharaan Anda nantinya. Berikut ini Tips Memilih Hewan Peliharaan sesuai Kebutuhan yang akan dijelaskan secara singkat.

1. Anjing
Bila Anda memiliki banyak waktu luang untuk bermain dengan hewan peliharaan Anda, maka anjing adalah salah satu pilihan yang cocok untuk Anda peliharaan. Hewan ini butuh kasih sayang yang tinggi, memiliki banyak waktu dengan pemiliknya untuk bermain atau berolahraga. Bawalah ke dokter hewan minimal sekali dalam sebulan, dan juga bawalah ke salon hewan untuk merawat kulit dan bulunya. Jangan memikirkan untuk memelihara anjing apabila Anda hanya ingin merantainya di depan rumah tanpa mengajaknya bermain bersama.

Pilihlah jenis anjing sesuai dengan kemampuan Anda. Ada beberapa jenis anjing yang membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya.

2. Kucing
Kucing menjadi hewan peliharaan yang cocok untuk Anda jika ingin memelihara hewan tetapi hanya di dalam rumah karena area bermainnya tidak begitu luas. Namun Anda harus rajin membersihkan tempat tidur dan kotorannya. Sama dengan anjing, kucing juga harus mempunyai jadwal untuk pergi ke dokter hewan. Kucing juga harus dibawa ke salon hewan terlebih jika kucing memiliki bulu panjang.

3. Kelinci
Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai taman yang cukup luas dan tidak terlalu terbuka. Alasannya agar kelinci Anda tidak menjadi mangsa kucing atau anjing liar. Memelihara kelinci sangat mudah, pastikan Anda selalu menyediakan sayuran segar untuk makanan mereka salah satunya yaitu wortel yang menjadi makanan favoritnya dan gunakan jerami sebagai alas tidur.

4. Ikan
Meski nampak mudah, tapi memelihara ikan dalam akuarium ternyata perlu ketelatenan. Pastikan tidak berlebihan dalam memberikan makanan. Sisa makanan hanya akan membuat air kotor dan menjadi racun bagi ikan. Anda juga harus mempunyai jadwal mengganti air akuarium dan meneteskan vitamin setiap beberapa waktu.

5. Burung
Bila Anda ingin memelihara burung, maka perlu terlebih dahulu mengetahui cara perawatan serta jenis makanannya, selain itu Anda juga harus membersihkan kandang burung agar selalu terjagan dari berbagai bakteri yang menempel pada kandang. Pastikan pula sangkar yang Anda berikan cukup besar agar burung mampu berpindah-pindah dan merentangkan sayap seleluasa mungkin.

Itulah Tips Memilih Hewan Peliharaan sesuai Kebutuhan. Jangan hanya ingin memiiki hewan peliharaan tapi tidak mau mengurusnya. Semoga dengan artikel diatas, Anda bisa memilih hewan peliharaan secara tepat.
Tag : Tips