Pola Rawatan Harian Burung Blackthroat

Pola perawatan harian pada burung berkicau sangat penting untuk selalu diperhatikan terutama pada burung peliharaan anda, apalagi jika sering untuk dilombakan misalnya burung Blackthroat. Keindahan kicau blackthroat memang tidak perlu diragukan lagi, namun jika perawatan tidak baik tentunya keindahan suaranya juga tidak baik bahkan bisa jadi akan membisu setiap hari.

cara-merawat-blackthroat-harian_32654

Jika Anda tidak ingin kecewa dengan Blackthroat peliharaan maka penting sekali untuk memberikan perawatan yang baik agar burung merasa nyaman layaknya mereka di alam bebas. Berikut kami berikan pola perawatan harian burung blackthroat yang kami kutip dari berbagai sumber.

1. Kandang/Sangkar

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan memlihara burung adalah tempat atau sangkar. Kandang/sangkar yang baik adalah harus memiliki ukuran tidak terlalu kecil agar burung mudah bergerak, selain itu juga agar burung tidak mengalami kegemukan yang tentunya akan mengakibatkan malas berbunyi.

Kandang atau sangkar yang ideal bagi burung blackthroat adalah berukuran 30x30x50cm. Sangkar dengan ukuran tersebut juga memudahkan bagi kita dalam menempatkan tempat makan dan minuman didalamnya. Tempatkan juga tenggeran 2 buah (atas dan bawah) agar burung bergerak naik turun.

2. Makanan

Blackthroat adalah burung pemakan biji-bijian, maka anda perlu menyiapkan makanan tersebut seperti jewawut, milet, biji sawi, biji lobak, atau Anda bisa membeli pakan khusus burung kenari di toko burung. Pakan tambahan lain untuk blackthroat juga diperlukan, misalnya canary seed, telur puyuh, sayuran (sawi, selada, oyong), buah apel.

Pemberian biji-bijian pada blackthroat jangan terlalu banyak, cukup 2 sendok teh setiap harinya agar tidak terlalu gemuk dan juga berikan buah dan sayuran secara bergantian. Sedangkan pemberian telur bisa dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Untuk member asupan kalsium pada BT, berikan juga tulang sotong (grit). Pemberian grit ini sangat penting juga untuk membantu pecernaan burung.

Baca juga artikel: Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari

3. Mandi dan jemur

Guna membuat burung tetap tampil fresh dan indah bulu-bulunya, maka diperlukan pemandian. Anda dapat memandikan burung dengan cara menyemprot dengan sprayer atau keramba. Selain mandi, burung juga memerlukan vitamin D yang berasal dari sinar matahari dengan cara dijemur. Waktu penjemuran yang ideal adalah antara pukul 7.00 hiangga 10.00WIB.

Penjemuran dilakukan kurang lebih 1 hingga 2 jam atau jika burung sudah sering membuka paruhnya maka segera hentikan penjemuran. Mandi dan jemur pada burung selain untuk kesehatan juga dapat mematikan bakteri yang menempel pada sangkar (*bersihkan sangkar dari kotoran setiap hari).

Lakukanlah pola perawatan harian burung blackthroat Anda secara baik agar kondisi burung tetap prima dan tentunya rajin berkicau setiap hari. Semoga bermanfaat.