3 Jenis Burung Keramat

Bagi golongan masyarakat khususnya daerah jawa, ada jenis-jenis burung peliharaan yang dipercaya memiliki nilai keramat bukan hanya sebagai pemuas hobi saja. Ada beberapa jenis burung yang di percaya mempunyai kharisma tersendiri jika dipelihara, berikut 3 jenis burung keramat yang diyakini memiliki keajaiban bagi pemeliharanya dikutip dari tribunjogja:

1. Burung Perkutut

burung-perkutut_236544

Memelihara perkutut bagi masyarakat jawa pada jaman dulu tidaklah sembarangan, ada berbagai syarat khusus bagi yang ingin memeliharanya. Dalam tradisi masyarakat jawa, burung perkutut diyakini sebagai penyempurna kelengkapan pria sejati. Ada lima bilangan yang harus dipunyai seorang pria yaitu Rumah, Istri, Keris, Kuda, dan Perkutut.

2. Burung Kepodang

burung-kepodang_326544

Kepodang merupakan jenis burung yang senang bersolek, oleh karena itu kepodang sering dipelihara oleh orang yang mengedepankan keindahan dan penampilan. Masyarakat Jawa, burung kepodang memiliki makna keindahan yaitu berwarna kuning. Banyak karya sastra jawa yang menggunakan jenis burung ini sebagai sebuah lagu, puisi maupun peribahasa sebagai bahasa ungkapannya.

3. Burung Branjangan

burung-branjangan_236544

Branjangan juga memiliki makna tersendiri bagi masyarakat jawa. Burung ini dipercaya sangat baik dipelihara oleh orang yang belum memiliki keturunan agar segera dapat diberikan anak.

Baca juga: Rawatan Tepat Agar Branjangan Cepat Bunyi

Selain itu burung branjangan juga mampu hidup lebih dari 100 tahun seperti kepunyaan Triyana seorang pecinta burung yang pernah mempunyai branjangan berumur hingga 125 tahun yang dipelihara turun temurun dari kakeknya hingga sampai dirinya.