Tips Melatih Kucing Tidur Di Dalam Kandang

Seringkali kita merasa tidak nyaman jika kucing peliharaannya tidur disembarang tempat, karena sebenarnya kita sudah menyiapkan tempat atau kandang khusus baginya. Mungkin bagi keluarga yang mencintai kucing bukan hal yang perlu dirisaukan, namun biasanya ada dari salah satu anggota keluarga yang tidak senang  jika kucing peliharaan kita tidur bukan didalam kandang yang sudah dipersiapkan melainkan disembarang tempat seperti kamar tidur, sofa, atau bahkan dipojokan rumah.

melatih-kucing-tidur-di-kandang

Artikel terkait: Tips Aman Memandikan Kucing Dirumah

Kucing tidur disembarang tempat memang menjadi hal yang lumrah, namun kita juga bisa mengajarinya agar mau tidur di dalam kandang. Berikut hal yang bisa anda ajarkan pada kucing agar tidur di dalam kandang.

Memilih kandang kucing yang benar


Tempat untuk tidur kucing kita sebaiknya pilihlah yang sekiranya kucing akan menyukainya, baik dari segi bahan (alumunium, besi, atau plastik), luas (ukuran luas kandang berukuran yang bisa untuk kucing berdiri, memutarkan badan dan bisa untuk menempatkan litter box serta tidak terlalu dekat dengan tempat tidurnya).

Pintu kandang harus yang bisa menutup dengan rapat dan kuat, hal ini berguna jika kita akan membawa kucing ketempat lain dan jika sewaktu-waktu anda akan meninggalkan sendiri dirumah dalam waktu yang cukup lama. Selain itu pintu kandang kucing juga yang bisa terbuka, hal ini bertujuan saat kandang kita letakan di dalam rumah.

Kandang harus selalu dalam keadaan bersih, membersihkan kandang kucing akan lebih mudah jika kita membeli yang berbahan dari plastik atau fiberglass daripada yang terbuat dari besi dan alumunium.

Membuat kandang kucing lebih menarik


Kandang yang bersih akan membuat kucing anda tertarik, jadi sebelum anda mengenalkan kandang pada kucing kesayangan sebaiknya bersihkan dahulu. Anda juga dapat menyemprotkan catnip spray atau feromon kucing sintesis pada kandang, cara ini bertujuan untuk menetralkan pikiran yang tidak baik pada kucing terhadap kondisi kandang yang akan anda perkenalkan.

Untuk kenyamanan kucing saat tidur, berilah alas sebagai tempat tidur (misalnya selimut, handuk atau bantal tipis). Didalam kandang juga sediakan makanan kesukaan dan air bersih, selain itu untuk menarik perhatian kucing berikan juga mainan favoritnya.

Membiasakan kucing berada di dalam kandang


Jika semua keperluan kucing sudah terpenuhi di dalam kandang, saatnya Anda membiasakan kucing berada di dalamnya. Duduklah disebelah kandang agar kucing mau mendekati kandang, berikan kenyamanan kepada kitty, Anda bisa mengajaknya bermain atau mengelusnya ditempat dekat pintu kandang.

Jika kucing sudah masuk kedalam kandang, jangan langsung menutup pintu kandang karena bisa membuatnya merasa terjebak. Biarkan kucing anda merasa nyaman di dalamnya, setelah sudah merasa tenang baru tutup pintunya.

Berikan sesuatu yang menyenangkan saat kucing berada di dalam kandang, misalnya tersedianya makanan dan minuman yang cukup serta berikan juga mainan. Jika kucing anda tertidur diluar kandang, maka pelan-pelan di gendong dan masukan kedalam. Berilah perhatian serta pujian saat kucing peliharaan Anda dengan kemauannya sendiri untuk tidur di dalam kandang.

Itulah tips melatih kucing tidur di dalam kandang, semoga bermanfaat dan teruslah melatih kucing kesayangan Anda agar semakin cerdas dan menggemaskan. (baca juga artikel Tips Memilih Makanan Kucing Yang Baik)