Perawatan Burung Saat Musim Kemarau Datang

Mengantisipasi hal buruk pada burung peliharaan kita merupakan hal yang harus kita lakukan setiap saat. Dalam pergantian musim baik dari hujan ke kemarau ataupun sebaliknya menjadi hal yang perlu diwaspadai dalam melakukan perawatan burung kicauan kita, banyak kasus terjadi burung-burung peliharaan menjadi tidak aktif (lesu), terjangkiti berbagai macam penyakit, bahkan mengalami kematian secara tiba-tiba.

merawat-burung-saat-musim-kemarau

Perawatan burung saat terjadi penghujan bisa anda baca tips-nya pada artikel Tetap Bertahan Dimusim Penghujan, kali ini kami ingin memberikan tips merawat burung pada masa pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau yang kami kutip dari  berbagai sumber agar burung peliharaan tetap dalam kondisi sehat dan rajin berkicau.

1.  Penjemuran
Dalam melakukan penjemuran burung pada masa pergantian musim hujan ke musim kemarau sebaiknya jangan terlalu lama karena pada saat penghujan burung sangat kurang dalam penjemuran, jadi jika kita menjemur terlalu lama dapat membuat burung menjadi stress. Perhatikan juga waktu terbaik dalam menjemur yaitu pada saat matahari terbit hingga jam 9 WIB. Pada jam tersebut merupakan waktu yang sebenarnya burung butuhkan yaitu sinar ultraviolet.

2.  Pengerodongan
Sebaiknya setelah burung selesai dijemur langsung dikerodong, hal ini bertujuan untuk member ketenangan burung dalam beristirahat setelah berjemur. Pada sore hari, buka kerodong dan angin-anginkan bila perlu anda bisa memandikannya serta beri EF. Malam hari pengkerodongan wajib dilakukan untuk menjaga dari serangan nyamuk dan hawa dingin.

3.  Vitamin dan Antibiotik
Jika burung perliharaan anda dalam kondisi mabung, maka perlu diberikan vitamin setiap harinya. Namun bagi yang tidak dalam keadaan mabung bisa diberikan setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menjaga burung tetap dalam kondisi yang prima.

4.  Makan dan Air Minum
Makanan dan minuman harus selalu dalam kondisi yang segar, hal ini harus selalu dilakukan tidak hanya pada saat pergantian musim agar burung selalu terjaga asupan makanan maupun minumannya dalam kondisi bebas dari penyakit.

5.  Kandang/sangkar
Banyak bakteri yang bersarang di kandang yang kondisinya tidak bersih terutama pada kotoran burung, maka selalu bersihkan kandang setiap hari dan jika perlu semprot juga dengan desinfektan untuk mematikan bakteri yang ada pada sangkar.

6.  Memantau kondisi burung
Jika anda melihat perubahan pada burung yang menjadi malas dalam berkicau, bulu mengembang, selalu diam maka sebaiknya jangan lakukan penjemuran terlebih dahulu. Berikan antibiotik yang bisa anda beli ditoko burung, dan jangan lupa berikan sesuai aturan yang tertera pada kemasan.

Mengantisipasi perubahan musim tidak hanya pada burung peliharaan saja tetapi juga pada hewan peliharaan lainnya seperti unggas, kucing, anjing, dan lain sebagainya. Itulah tips perawatan burung saat musim kemarau datang, semoga bermanfaat.
Tag : Perawatan, Tips