Cara Memilih Pleci Bakalan Yang Bagus

Bagi para penggemar burung kecil khususnya pleci yang sudah lama mungkin sudah tidak terlalu sulit dalam memilih pleci bakalan yang memiliki kemampuan berkicau dengan lantang, namun bagi pemula apalagi yang masih buta masalah burung ini tentu akan kesulitan dalam memilihnya. Selain karena kurangnya pengetahuan akan burung yang biasa dipanggil dengan kacamata juga karena karakteristik burung ini memang sulit untuk membedakannya.

cara-memilih-pleci-bakalan_56465

Teliti Saat Memilih Pleci Bakalan


Dibutuhkan ketelitian saat kita akan memilih pleci bakalan yang memiliki kualitas baik, karena jika kita membeli tanpa memperhatikan ciri atau jenis yang bagus tentu akan merasa kecewa nantinya. Untuk itu, berikut kami berikan tips cara memilih pleci yang kami kutip dari berbagai sumber.

Kesehatan Pleci


Dalam memilih pleci hal pertama yang harus kita perhatikan adalah masalah kesehatan sang bakalan, karena kebanyakan pleci bakalan merupakan hasil dari tangkapan liar yang bisa jadi kondisi burung mengalami stress berat saat berada dalam sangkar ombyokan. Pleci yang sehat antara lain: aktif dalam bergerak, nafsu makan kuat, tidak mengalami luka badan (mata, kaki, paruh, sayap, serta punggung), kondisi sayap yang mengepit, bulu tidak mengembang, saat berada dalam kandang ombyokan tidak ngeruji.

Kicau Pleci


Burung dalam mengeluarkan kicauannya tentu tidak akan sama kemampuannya antara satu dengan lainnya, namun dalam memilih pleci bakalan yang bagus dalam berkicau bisa kita lihat dari segi bentuk paruh dan suara cricitan.

Kondisi bentuk paruh pada burung diyakini bisa digunakan untuk mengukur kualitas kicauannya baik kerajinannya dalam berkicau serta ketajamannya. Berikut jenis paruh burung dan kualitasnya dalam berkicau.

  • Panjang dan tidak terlalu tebal (rajin dalam berkicau dan ketajaman suaranya baik)
  • Panjang dan tebal (bersuara keras dan berat, namun tidak lantang dan karakter suaranya seperti tertahan)
  • Pendek dan tebal (biasanya jarang berkicau, namun memiliki suara yang tebal)
  • Pendek dan tipis (jarang berkicau dan bersuara tipis)
Dari jenis-jenis paruh diatas bisa anda jadikan referensi saat akan memilih pleci bakalan, ingin yang bersuara keras atau tebal. Selain itu, memilih pleci yang bagus juga dapat diukur melalui karakter suaranya/cricitannya. (baca juga artikel Merias Kualitas Suara Pleci)

Suara khas burung pleci adalah ciat… ciat, pilih burung bakalan yang saat dia bergerak atau melompat selalu mengeluarkan suara cricitan dengan keras dan sering karena merupakan tanda pleci bakalan yang bagus. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk memberikan perawatan yang baik dan benar agar kualitas suara pleci semakin hebat.
Tag : Pleci, Tips