Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulu

Keindahan warna bulu lovebird memang menjadi salah satu daya tarik bagi para peminat burung peliharaan. Burung berparuh bengkok yang satu ini memiliki aneka ragam jenis warna bulu yang indah, namun bagaimana jika bulu-bulu indah tersebut dicabuti oleh sang burung?

mengatasi-lovebird-cabut-bulu

Banyak para pemeliharan yang mengalami lovebird kesayangan mencabuti bulu-bulunya, sehingga penampilan burung menjadi tidak indah dipandang dan tentu juga bisa berdampak pada malas mengeluarkan ciri khas suara ngekeknya.

Kenali penyebab lovebird mencabuti bulu


Kelakuan burung lovebird yang mencabuti bulu terjadi bisa disebabkan karena berbagai factor, antara lain adanya kutu yang menempel pada bulu, kekurangan vitamin, serta karena faktor fisiologis dimana burung lovebird membutuhkan pasangan. (baca juga artikel 9 Permasalahan lovebird yang perlu diketahui)

Jika burung lovebird anda memiliki kebiasaan mencabut bulunya, hal yang perlu diperhatikan adalah periksa bagian bulu apakah terdapat kutu yang menempel pada bagian kulit (jika terdapat kutu, segera beri obat anti kutu) dan berikan juga vitamin tambahan khusus untuk burung.

Jika kondisi burung bebas dari kutu dan kesehatan tubuh juga baik namun sering mencabut bulu-bulunya kemungkinan faktor fisiologis yang sedang terjadi. Kebutuhan akan pasangan pada burung social seperti lovebird memang perlu diberikan karena untuk melampiaskan hasrat biologis burung.

Pelampiasan hasrat biologis burung lovebird jika tidak menemukan pasangan salah satunya dengan cara mencabuti bulu-bulunya, sehingga jika tidak segera di atasi akan berakibat kondisi bulu menjadi rusak dan keindahannya akan hilang. Untuk itu salah satu jalan untuk mengatasinya adalah dengan memberi pasangan.

Pemberian pasangan lebih baik dalam satu sangkar, karena sifat lovebird yang senang berpasangan. Jadi cara mengatasi burung paruh bengkok yang sering cabut bulu akibat faktor fisiologis yaitu dengan memberinya teman/pasangan.  Semoga bermanfaat.