Cara Mudah Memilih Burung Parkit Yang Bagus

Pecinta burung paruh bengkok pasti sudah tidak asing lagi dengan Parkit. Burung parkit habitat aslinya berasal dari Australia dan menjadi salah satu jenis burung yang memiliki suara kicauan keras serta bernada kasar dan tajam sehingga banyak pemelihara burung berkicau banyak memilih burung parkit untuk memaster burung jenis lainnya, seperti Anis Kembang, Kacer, Murai, Cucak Ijo dan lain-lainnya.

cara-memilih-burung-parkit_5430

Selain memilih burung parkit sebagai masteran, ternyata binatang berparuh bengkok ini juga pintar menirukan suara burung lain terutama burung yang memiliki suara mirip, yaitu kasar dan tajam. Burung Lovebird, Cililin, Kapas Tembak, Cucak Jenggot akan mampu ditirukan dengan baik oleh Parkit jika dilatih dengan baik dan benar.

Namun bagi Anda yang tertarik ingin memelihara burung parkit, ada baiknya juga untuk mengetahui jenis atau tipe parkit yang bagus. Kriteria bagus disini adalah yang memiliki mental kuat dan tentunya memiliki suara kicauan yang keras, tajam, dan kasar.

Tipe Bakalan Parkit Yang Baik


Memilih burung parkit bakalan yang berkualitas bagus memang tidak mudah, dibutuhkan ketelitian dan pemahaman terhadap jenis burung yang akan kita beli menjadi faktor penting agar kita tidak kecewa nantinya. Berikut beberapa ciri bakalan parkit yang bagus menurut para penghobi burung khususnya jenis parkit.
  1. Saat kita memilih bakalan dalam kandang ombyokan, maka lihat kelincahan burung yang akan kita beli. Jika burung lincah maka merupakan burung yang bagus dan tentunya dalam kondisi sehat.
  2. Masukan jari Anda kedalam kandang, jika burung berani mendekati jari Anda maka merupakan parkit yang memiliki mental bagus.
  3. Ciri Parkit bermental bagus lainnya adalah jika digenggam dalam tangan maka akan meronta dan mengigit.
  4. Pilih parkit yang rakus dalam memakan, bermata bulat dan jernih, tubuh tidak cacat.
Burung parkit senang hidup berkelompok, jadi jika Anda ingin memelihara burung jenis ini sebaiknya pelihara lebih dari satu ekor dan lebih baik lagi jika burung tersebut berpasangan, yaitu jantan dan betina. Berikut beberapa cara membedakan parkit jantan dan betina:
  • Parkit jantan, memiliki lubang hidung kebiruan dan biasanya sangat aktif.
  • Parkit betina, lubang hindungnya seperti berwarna cokelat muda/krem/merah muda.
Artikel menarik lainnya: Memilih Blackthroat Jantan Bagaimana?

Setelah memilih burung parkit yang bagus dan menentukannya, maka saat sudah dibawa pulang kerumah sebaiknya langsung diangin-anginkan dan kemudian di mandikan. Selanjutnya setelah selesai dimandikan bisa Anda gantang agar burung cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Semoga bermanfaat.
Tag : Parkit, Tips