Tips Memperindah Kicau Kenari

Kicau kenari, sebagai pecinta burung peliharaan pastinya sudah tidak asing dengan suara burung pemakan biji-bijian ini. Suara kenari akan indah dalam menghasilkan lagu-lagunya jika dalam perawatan dan beberapa kebutuhan dasar burung tersebut terpenuhi.

memperindah-kicau-kenari_32654

Pola perawatan memang menjadi faktor penting dalam membangun kualitas kenari jantan dalam berkicau, karena burung jenis ini memang mampu menghasilkan suara indah sesuai keinginan dari pemeliharanya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk memberikan perawatan maksimal agar kicau kenari kesayangan bernyanyi dengan indah.

Cara memperindah kicau kenari


  • Berikanlah kebutuhan dasar kenari
Kenari harus terpenuhi kebutuhan dasarnya agar mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus, antara lain: air minum (air tawar), makanan (biji-bijian kenari), kandang bersih, tempat yang memiliki pencahayaan yang baik.

  • Buat suasana menyenangkan
Kondisi lingkungan juga akan dapat mempengaruhi kualitas kenari dalam berkicau, oleh karena itu sebaiknya tempatkan kenari pada tempat yang terasa nyaman/tenang.  Penuhi kebutuhan gizi kenari, seperti dengan memberikan Eggfood (kuning telur) dan sayur-sayuran. Untuk memancing kenari dalam bernyanyi, bisa anda putarkan audio atau suara kenari (penting: pilih jenis suara kenari yang indah). Pemutaran audio ini juga dijadikan untuk memaster burung (baca juga artikel Suara Kenari Untuk Master), terutama jika masih dalam kondisi anak.

  • Lakukan interaksi dengan burung
Agar ada keterikatan antara anda dan burung peliharaan, cobalah untuk sering berinteraksi misalnya berbicara dengan suara lembut, lakukan gerakan tubuh dengan tenang saat dekat dengan kandang agar burung merasa aman, dan bersiul dengan nada seperti pada audio yang biasa anda putar untuk kenari anda.

  • Masa terbaik kenari dalam bernyanyi
Kenari jantan mengeluarkan kicauannya dengan lantang atau optimal diantara usia 6 bulan keatas. Pada usia tersebut merupakan masa pubertas, dimana kebutuhan biologis kenari dalam memanggil lawan jenis atau pasangannya.
Kenari jantan berkicau adalah untuk menarik pasangannya, oleh karena itu jika dalam kandang ada pasangannya maka dipastikan akan jarang sang jantan akan mengeluarkan kicauannya. Jika anda menginginkan burung tetap bernyanyi maka jangan dekatkan dengan kenari betina.

  • Masa kenari berhenti bernyanyi
Burung kenari akan jarang bahkan berhenti atau biasa disebut dengan macet bunyi dalam mengeluarkan kicauannya biasanya pada saat burung sedang mengalami mabung (ganti bulu). Karena pada saat mabung, burung akan membutuhkan energi untuk pertumbuhan bulu daripada untuk menarik pasangannya. Pada saat burung sedang mabung sebaiknya berikan makanan tambahan berprotein (telur, canary seed). Selain itu, berhentinya kenari dalam berkicau juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan yang menurun (sakit) dan saat sedang menempati kandang baru (dibutuhkan penyesuaian lingkungan agar burung kembali bernyanyi).

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memperindah kicau kenari kesayangan, semoga bermanfaat bagi para penghobi suara kenari.