Memandikan Kelinci, Pentingkah?

Melatih anak agar mencintai binatang tentu harus diajarkan sedini mungkin, banyak jenis hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak anda, salah satunya adalah Kelinci. Binatang mamalia ini memang menjadi peliharaan rumah kegemaran anak-anak karena memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan. Namun sebagai orang tua juga harus memperhatikan perawatan kelinci dengan benar yaitu dengan memberi makanan yang bergizi dan memandikan kelinci.

cara-memandikan-kelinci_36487

Memandikan Kelinci demi menjaga kesehatan


Membersihkan bulu kelinci sangat penting dilakukan, selain untuk mempercantik dan menjaga kesehatan binatang juga untuk menjaga anak-anak dari kuman yang menempel pada bulu kelinci. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak sangat senang bermain dengan hewan lucu ini bahkan seringkali digendong, oleh karena itu dengan memandikan kelinci tentu akan membuat kita lebih tenang jika anak kita bermain dengannya.

Artikel lainnya: Tips Memelihara Kelinci Australia

Merawat kelinci mungkin bagi yang sudah berpengalaman merupakan hal yang mudah, namun bagi yang masih awam tentu merupakan hal yang sulit terutama jika ingin membersihkan bulu-bulunya. Memandikan kelinci seringkali diabaikan oleh para pemelihara, padahal hal ini sangatlah penting karena menyangkut masalah kesehatan baik untuk sang hewan maupun bagi keluarga pemelihara seperti yang sudah disebutkan diatas. Oleh sebab itu, kami akan memberikan tips memandikan kelinci dirumah bagi anda.

  1. Saat Anda memandikan, gunakan air hangat dalam bak mandi.
  2. Pergunakan shampoo untuk mencuci bulu kelinci, sebaiknya gunakan shampoo khusus kucing atau shampoo bayi. Kedua jenis shampoo tersebut sangat lembut dan cocok buat kelinci.
  3. Kadang ada kelinci yang tidak mau mandi, hal ini biasanya karena memang belum terbiasa dimandikan. Jika kelinci Anda tidak mau mandi sebaiknya jangan anda paksakan karena bisa membuatnya menjadi demam atau meriang dan tentunya akan membuat kesehatan kelinci terganggu.
  4. Merendam kelinci juga jangan Anda lakukan jika kelinci belum mau mandi atau pada bayi kelinci.
  5. Setelah Anda selesai memandikan, maka segeralah dikeringkan bulu-bulunya menggunakan handuk atau bias juga menggunakan sprayer hangat.
  6. Proses selanjutnya adalah merapihkan bulu menggunakan sisir dan taburkan sedikit bedak pada tubuhnya.
  7. Jika terdapat bulu yang kumal dan merasa menganggu maka sebaiknya anda potong.
  8. Potong juga kuku-kukunya jika sudah terlihat panjang.
Setelah proses memandikan kelinci dilalui, maka tahap terkahir adalah memberi makan dan minum seperti biasanya. Selamat mencoba