Makanan Berbahaya Bagi Kucing Anda

Sebagai pemelihara kita harus mewaspadai makanan-makanan yang berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing kesayangan kita. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari termakan oleh hewan peliharaan yang satu ini, karena akan terjadi keracunan dan bahkan bisa membuat kucing mati.

jenis-makanan-berbahaya-bagi-kucing_23154

Makanan apakah yang tidak boleh diberikan kucing?

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan jangan sekali-kali anda memberikannya kepada kucing:

1. Makanan yang mengandung metilksantin (antara lain: kafein, teobromin, teofilin, cokelat, kopi, teh, kakao, kola).
Jika kucing mengkonsumsi makanan yang terdapat kandungan metilksantin maka dapat menimbulkan keracunan. Gejala keracunan akibat makanan tersebut adalah: muntah, sesak nafas, diuretic, diare, hiperaktif, peningkatan rasa haus, dan kejang-kejang (Wikipedia).

2. Makanan Anggur dan Kismis
Pemberian makanan ini akan berakibat gagal ginjal pada kucing secara tiba-tiba. Gejala yang sering ditimbulkan karena mengkonsumsi anggur atau kismis antara lain lemah, lesu, sakit perut, diare, nafsu makan berkurang, berkurangnya frekuensi buang air kecil, dan meningkatnya rasa haus.

3. Alpukat
Kandungan pensin pada buah alpukat sangat berbahaya bagi kucing, karena bisa merusak jantung dan otot kucing.

4. Tulang
Tulang terutama yang sudah dimasak juga dapat membuat luka dalam tubuh kucing serta bisa menjadi penghalang usus. Kucing juga akan menderita gangguan pencernaan jika mengkonsumsi tulang lemak dan tulang muda.

5. Bawang
Banyak pemelihara kucing yang member makan bawang dengan tujuan untuk mengobati penyakit yang diderita kucing, namun hal tersebut sebenarnya membahayakan bagi peliharaan kita karena dapat mengganggu pencernaan dan sel darah merah pada kucing.

6. Pemanis buatan
Beberapa makanan yang mengandung pemanis buatan seperti pasta gigi, permen, dan minuman ringan juga berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing karena dapat menimbulkan pelepasan insulin pada aliran darah. Pemanis buatan juga dapat menyebabkan hipoglikemia, yang ditandai dengan kucing menjadi lesu.

Dari beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi kucing diatas memang harus kita jauhkan dari kucing, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Selain itu makanan yang tidak baik bagi kucing adalah jenis makanan yang mengandung garam berlebihan. Kandungan ion natrium pada garam dapat mengakibatkan kucing keracunan, biasanya gejala yang ditimbulkan seperti diare, kejang, muntah, demam, dan bisa berujung pada kematian.

Telur mentah juga tidak baik jika dikonsumsi kucing secara berlebihan, karena dapat tertular bakteri salmonella atau E Coli yang akan mengakibatkan berkurangnya biotin atau Vit.H pada kucing.
Sebaiknya kita harus berhati-hati dalam memberikan makanan pada kucing kesayangan. Jika anda membeli makanan kucing yang kemasan, baca terlebih dahulu bahan komposisi pada labelnya.