4 Hal Penting Sebelum Membawa Kacer Ke Arena Lomba

Jenis burung yang membuat pemiliknya merasa was-was saat akan diikut sertakan dalam perlombaan yaitu Burung Kacer. Banyak para peserta merasa khawatir jika burung kacer kesayangannya berkelakuan mbagong saat sedang berlaga di arena lomba, hal ini tentu akan sedikit membuat malu pemiliknya. Mbagong merupakan sebuah gaya mengembangkan bulu yang dilakukan burung kacer, biasanya terjadi saat sedang beradu dengan lawan namun mentalnya tidak kuat yang akhirnya hanya terdiam sambil bulu dikembangkan layaknya seperti kuda laut.

lomba-burung-kacer_326542

Mempersiapkan kacer agar tampil optimal dalam perlombaan


Mengikut sertakan kacer dalam perlombaan memang sebaiknya kita harus memperhatikan beberapa hal, terutama jam terbang (sering dikut sertakan dalam perlombaan) burung tersebut. Hal penting lainnya adalah memberikan perawatan ekstra pada hari-hari sebelum perlombaan sampai dengan hari saat perlombaan akan dimulai. Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengikut sertakan burung kacer dalam perlombaan:

  • Memahami kondisi burung
Kita harus mengetahui bagaimana kondisi burung kita yang akan di lombakan yaitu kesehatan fisiknya. Burung kacer yang sehat biasanya ditandai dengan warna bulu yang mengkilat, cerah dan kondisi bulu burung bukan habis mabung. Selain aspek kesehatan fisik yang perlu diperhatikan adalah sudah pernahkah sebelumnya di ikutkan dalam perlombaan atau minimal mengikuti latber. Lihat juga peformanya saat sedang lomba maupun latber sebelumnya, jika merasa sudah yakin dengan burung kesayangannya maka saatnya Anda mempersiapkan perawatan khusus untuk lomba.

  • Memahami skala arena lomba
Setelah kita mengetahui kondisi burung yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan, selanjutnya adalah mencari tahu apakah lomba yang akan di ikuti berskala nasional, regional atau skala kecil (lokal). Hal ini sangat penting karena selain bisa menganalisa kekuatan lawan, kita juga bisa mengetahui sistem penilaian para juri. Karena biasanya akan berbeda sistem penilaian perlombaan pada tingkat nasional, regional serta lokal.

  • Mengetahui lokasi lomba
Jarak lokasi perlombaan adalah penting untuk diketahui, kita harus memperhitungkan jarak tempuh dari rumah sampai ke lokasi lomba burung kacer. Jika jarak tempuh memerlukan waktu lama, misalnya lebih dari 2 jam maka sebaiknya kita harus datang 1 hari sebelum lomba dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan agar kondisi kesehatan burung dalam keadaan fit karena telah menempuh perjalanan jauh.

  • Mengetahui kondisi cuaca
Hal penting lainnya sebelum mengikuti perlombaan adalah mengetahui kondisi cuaca tempat perlombaan. Kondisi cuaca sangat penting untuk diketahui, misalnya jika di lokasi berangin kencang maka kita bisa mempersiapkan kandang yang berbobot berat agar sangkar tidak terlalu bergoyang saat terkena tiupan angin.

Itulah 4 hal penting untuk diketahui sebelum mengikut sertakan burung kacer dalam perlombaan agar bisa tampil prima, memukau para juri, dan yang paling penting tidak mengecewakan.(baca juga artikel revolusi mental kacer mbagong)
Tag : Kacer, Perawatan, Tips