Tips Simple Merawat Kucing Anggora Dirumah

Kucing angora, kucing dengan bulu yang semi panjang ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta binatang. Badannya yang cenderung gembul atau berisi jika dibandingkan dengan kucing biasa yang sering di jumpai. Tentu saja dengan berbagai perbandingan kucing ini pun memiliki cara yang berbeda dalam cara perawatannya. Memang tidak terlalu berbeda dengan umumnya tetapi membutuhkan suatu perhatian khusus.

kucing-angora-lucu-245124
cara merawat kucing angora di rumah
Bagi para pecinta kucing tentu hal- hal terkait binatang peliharaannya menjadi suatu prioritas tersendiri yang dianggap penting. Hal ini juga terjadi pada pecinta kucing anggora, memperhatikan beberapa hal mulai dari yang bersifat umum sampai pada yang khusus. Beberapa hal umum yang perlu diperhatikan dalam rangka merawat seekor kucing angora.

4 Hal penting dalam merawat kucing anggora


Beberapa hal umum ini tidak hanya berlaku untuk kucing angora tetapi juga banyak binatang peliharaan yang lain, yaitu tentang kebersihan diri dari binatang, kebersihan lingkungan, pola makan, dan vaksinasi pada binatang tertentu.

1. Memandikan

Pada kucing angora cara perawatan secara umum tersebut di lakukan dengan lebih spesifik, dalam hal kebersihan diri kucing ini minimal di mandikan 2 minggu sekali, atau untuk pemilik kucing yang punya banyak waktu luang dapat memandikan dan melakukan pemotongan kuku agar rapi seminggu sekali.

Hal ini harus dilakukan rutin tetapi bukan untuk setiap hari karena kebutuhan kebersihan kucing tentu tidak perlu setiap hari dimandikan. Perawatan bulu di usahakan kering atau tidak lepek tapi juga jangan terlalu sering untuk menghindari kerusakan, atau kerontokan bulu.

2. Kebersihan kandang

Selanjutnya untuk kebersihan kandang gunakan yang berbahan almunium untuk menghindari timbulnya karat. Pada kotak pasir di kandang di bersihkan 2 kali dalam satu minggu dan semprotkan desinfektan. Untuk kenyamanan kucing maka perlu adanya penyesuaian ukuran dan desain kandang yang di gunakan misalnya untuk kucing anggora dengan ukuran sedang bisa menggunakan ukiran standard 90x63x65 cm dan didesain dengan jeruji yang sedikit lebar agar cukup ventilasi untuk kucing tersebut.

3. Makanan dan minuman

Dari segi makanan kucing angora harus mendapat perhatian yang tidak kalah dari kebersihan dirinya, usahakan membiasakan kucing untuk mengkonsumsi makanan kering, karena alasan kesehatan makanan basah tidak baik untuk kesehatanya.

Sedangkan untuk minum boleh diberikan susu namun bukan susu yang dikonsumsi manusia dan dengan frekuensi yang kecil, sebaiknya air putih yang matang saja sudah cukup. Sebagai pemelihara juga harus mengetahui bahwa untuk kucing jenis anggora hindari pemberian makanan selain makanan khusus kucing, seperti ikan, ayam, dan lainnya.

Baca juga artikel terkait makanan kucing
- Tips memilih makanan kucing yang baik

4. Vaksinasi

Tidak lupa untuk menghasilkan kucing yang sehat pada usia 3 bulan segera di lakukan vaksinasi, biasanya dokter akan menganjurkan vaksinasi 3x, tetapi tidak wajib untuk jenis vaksin yang dilakukan tahunan. Inilah beberapa hal yang di perhatikan jika ingin memiliki kucing anggora atau memang sudah merawatnya agar kucing tetap hidup sehat dan terawat.

Baca juga artikel kucing lainnya
- Jenis kucing persia
- Kucing maine coon