Tips Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Mempesona

Burung pleci anda ingin tampil maksimal saat diarena perlombaan? Banyak pecinta burung pleci atau kacamata yang merasa kecewa saat jagoannya tidak mau tampil mempesona saat sedang diikut sertakan dalam setiap even perlombaan. Burung yang sangat rajin berkicau dan bersuara keras saat dirumah, namun hanya mampu loncat-loncat di tenggeran dalam sangkar sewaktu di tempat lomba.

memoles-pleci-untuk-lomba-juara_326544

Bagaimana cara membuat pleci tampil mempesona saat lomba? Berikut tips perawatan yang bisa anda berikan pada pleci jagoan anda sebelum mengikuti kontes/perlombaan:

Mandi malam
Lakukan pemandian pleci pada malam hari, waktu memandikan antara jam 7-9 malam. Cara memandikan adalah dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer sampai burung basah kuyup, atur sprayer agar air yang keluar halus.

Setelah proses memandikan, burung di beri makan 2 sendok teh kroto dan 3 UH (ulat hongkong) yang berwarna putih. Lalu diangin-anginkan pada tempat/ruangan yang terang kurang lebih 1 jam. Setelah diangin-anginkan dan bulu mulai terlihat kering, burung dikerodong sampai pagi.

Perawatan pagi hari
Pada pukul 5.30 kerodong dibuka dan angin-anginkan pleci di teras. Kemudian pukul 7 burung dimandikan seperti saat memandikan pada malam hari diatas dan berikan juga EF kroto sebanyak 2 sendok teh serta 3 ulat hongkong.

Tips saat di arena lomba
Saat sedang dilapangan perlombaan sebelum digantang, buka kerodong pleci kurang lebih 15 sampai 30 menit. Setelah itu, burung dikerodong kembali.

5 menit saat perlombaan belum dimulai bersihkan dasar sangkar dari sisa makanan dan ambil pula tempat makan dan minuman dari kandang untuk menghindari pleci makan saat sedang digantang.

Baca juga artikel burung pleci lainnya:
- Cara cepat membuat pleci buka paruh dan ngeroll
- Tips mendongkrak pleci agar bersuara keras

Rawatan harian pleci

Untuk perawatan ada baiknya dalam mandikan pleci 3kali sehari dengan cara disemprot halus yaitu pagi, sore, dan malam hari. Berikan juga kroto dan UH pada pagi hari dengan porsi sama seperti saat perawatan diatas.

Lakukan penjemuran pleci secara rutin setiap pagi selama 15-30 menit saja, berikan juga buah-buahan segar seperti pisang, papaya, sawo, dan lain-lain.

Itulah tips yang bisa anda dilakukan pada saat pleci anda akan di ikut sertakan dalam lomba agar bisa tampil mempesona.
Tag : Perawatan, Pleci, Tips