Tips Memilih Ayam Serama Kualitas Kontes

Para pecinta ayam hias pasti tidak asing dengan jenis ayam serama. Hewan bertubuh mungil  ini akan beraksi dengan gaya mengakat dada sambil meluruskan ekornya keatas saat sedang diperhatikan, sehingga gaya tersebut dijadikan salah satu penilaian juri pada saat kontes ayam serama.

ayam-serama-kontes

Ayam serama kualitas kontes


Sama halnya dengan berbagai makhluk hidup lainnya, kualitas ayam serama juga ada yang baik dan juga ada yang kurang baik khususnya untuk ajang kontes. Kualitas ayam serama untuk kontes yang baik disini adalah yang mampu tampil menawan baik dari segi bentuk tubuh, bulu, kesehatan maupun mentalnya. Berikut tips memilih ayam serama kualitas kontes yang kami kutip dari berbagai sumber.

  1. Berat tubuh ayam serama tidak sampai 0.5 kg. Bagi yang masih anakan tubuhnya lebih kecil dari anakan ayam biasa.
  2. Memiliki tinggi badan kurang lebih hanya sejengkal tangan orang dewasa, sedangkan kakinya pendek dan tidak berbulu.
  3. Pada bagian leher, jika masih anakan sudah membentuk huruf S
  4. Pada bagian pial yang baik adalah berbentuk tunggal atau hanya berwarna merah darah, sedangkan pial pada ayam serama jantan akan lebih besar daripada yang betina.
  5. Bagian dada serama yang baik adalah membusung serta terkadang tegak. Jika anda ingin membeli yang masih anakan, ciri yang bagus adalah yang berdada membusung kedepan dan kepala menarik kebelakang.
  6. Dua jengger ayam serama menggantung kebawah.
  7. Bagian sayap serama turun kebawah atau bahkan hampir menyentuh tanah dan sayapnya bias menutup sebagaian kakinya.
  8. Bagian ekor yang baik adalah yang melengkung, namun ada juga yang berdiri tegak keatas.
  9. Warna bulu serama memiliki warna yang harmonis dari semua arah, terang dan tidak kusam. Bulu yang baikmadalah yang beraneka warna seperti warna putih, merah, hitam, wido, jalak dan lain-lainnya.
Dari beberapa ciri diatas bisa dijadikan sebagai acuan bagi anda yang ingin memelihara ayam serama yang berkualitas untuk kontes karena mungkin bagi yang masih awam dengan jenis ayam ini tentu masih bingung menentukan pilihan saat akan membelinya.
Tag : Ayam, Other Pets