Tips Memelihara Kelinci Australia

Kelinci yang memiliki penampilan lucu dan menggemaskan ini memang sangat menarik. Wajar saja jika banyak yang senang menjadikannya sebagai hewan peliharaan dirumah. Jika Anda sedang jatuh cinta dengan si imut ini, silakan simak tips memelihara kelinci Australia berikut ini.

memelihara-kelinci-australia_36541

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara kelinci Australia


Sebelum anda memutuskan untuk memelihara, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut:


1. Kenali Sifat Kelinci Australia

Ada peribahasa tak kenal maka tak sayang. Jadi jika ingin merawat kelinci Australia dengan baik, maka seharusnya Anda kenal dengan karakteristik alamiahnya. Kelinci ini sejatinya adalah binatang liar. Namun karena kecantikannya, kemudian dia dibudidayakan dan dijinakkan sebagai peliharaan. Daya tahan fisiknya cukup bagus, karena dia bisa tumbuh berkembangbiak nyaris di seluruh belahan bumi.

2. Kelinci Australia Butuh Kandang Nyaman


gambar-kandang-kelinci_3201445
Pic by petco.com

Hal yang penting saat memelihara kelinci Australia adalah harus dipastikan dia memiliki kandang yang nyaman. Kandang tersebut sebaiknya terhindar dari kelembaban dan mampu melindungi dari panas dan hujan.

Kebersihan juga menjadi faktor penting yang perlu mendapat atensi khusus. Jika kotor, akan berpotensi mengundang beraneka virus dan penyakit. Biasanya, alas yang disarankan untuk kandangnya adalah bahan-bahan dari bambu.

Selain itu, kelinci Australia membutuhkan ruang yang cukup. Jadi sebaiknya dalam satu kandang tidak diisi terlalu banyak kelinci karena akan mempersempit ruang geraknya. Jika pergerakannya terbatas, hewan lucu ini akan mudah merasa stress dan tidak bisa beraktivitas normal. Hal ini terkadang bisa membuatnya susah makan yang sehingga menjadi rentan terhadap penyakit.

3. Makanan yang baik untuk kelinci Australia

Biasanya kesalahan yang paling sering dilakukan pemelihara kelinci Australia adalah memberinya makan sayuran segar. Justru disarankan sayurannya sebaiknya sudah agak layu, namun jangan sampai busuk. Hal ini disebabkan karena sayuran segar seringkali mengandung getah yang mengganggu pencernaannya. Perlu diingat bahwa kelinci peliharaan umumnya dibesarkan di penangkaran, sehingga tidak terbiasa dengan makanan alam bebas. Dia justru lebih terbiasa dengan pakan khusus seperti konsentrat atau bekatul. Jika mau, Anda bisa mencampur pakan-pakan tersebut dengan sayuran.

Baca juga artikel kelinci lainnya:
- Jenis dan cara merawat kelinci peliharaan

Itulah tips memelihara kelinci Australia agar dapat hidup sehat dan terawat. Jangan sampai hanya gara-gara salah cara merawat, hewan peliharaan kesayangan Anda ini menjadi sakit atau mati. Semoga informasi ini berguna. Baca juga artikel-artikel tentang hewan peliharaan yang lain di Other Pets