Porsi EF Harian Dan EF Lomba Yang Baik untuk Pentet

Memelihara burung pentet salah satu yang harus kita berikan dalam perawatannya adalah EF (extra fooding). Pemberian EF yang baik tentu berbeda jumlah atau porsi EF untuk harian dan saat akan di ikut sertakan dalam lomba.

pemberian-ef-untuk-pentet-sebelum-lomba

Seperti yang kita ketahui, EF yang biasa di berikan pada burung pentet adalah Kroto, UH (ulat hongkong), dan Jangkrik. Seberapa banyak porsi EF yang baik untuk pentet anda? Berikut setingan EF harian dan EF lomba yang kami kutip dari pengalaman member forum kicaumania yang bisa anda terapkan pada pentet jagoan anda.

1.  Pemberian EF harian
  • Kroto, pemberian telur semut krangkang ini cukup 1 sendok teh tiap harinya.
  • Jangkrik, berikan EF jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 2 ekor pada sore harinya.
  • Ulat Hongkong, untuk EF UH bisa anda berikan tiap hari 3-4 ekor. Namun ada juga yang memberikan tidak rutin tiap hari atau cukup 2-3 kali dalam seminggu.

2.  Pemberian EF sebelum lomba

Extra Fooding untuk pentet yang akan berlaga dalam arena lomba biasanya akan dirubah jumlah pemberiannya 2 hari sebelum perlombaan.
  • Tambah porsi pemberian jangkrik. Kalau biasanya kita berikan 3 ekor pada pagi hari, maka ditambah menjadi 5 ekor. Sedangkan sore hari menjadi 4 ekor jika sebelumnya 2 ekor.
  • Pemberian kroto pada h-2 biarkan tetap jumlahnya, yaitu 1 sendok teh.
Pada h-2 sebelum perlombaan, pentet sebaiknya jangan dimandikan. Usahakan burung selalu di kerodong, buka kerodong cukup 15 menit yaitu saat anda memberikan pakan maupun EF setelah itu tutup kembali kerodongnya *catatan: tips ini khusus buat pentet yang tidak memiliki birahi tinggi.

Saat h-1, pemberian EF naikan jumlah/porsi-nya. Pada pagi hari berikan jangkrik 7 ekor dan sore hari 5 ekor. Sedangkan porsi kroto tetap pada siang harinya dan berikan kembali kroto pada malam hari 1 sendok teh, pemberian ini bertujuan agar saat pada hari H pentet tidak over birahi jadi akan adem.

Setingan EF pada hari H. Sebelum anda berangkat ke tempat perlombaan, berikan pentet UH 2 ekor dan jangkrik 3 ekor. Untuk kroto tidak diberikan terlebih dahulu.

Ditempat perlombaan dan saat lomba belum dimulai, mandikan pentet menggunakan sprayer/semprotan sampai basah kuyup. Setelah itu berikan jangkrik 1 ekor, kemudian diangin-anginkan. Setelah kondisi bulu sudah mongering, burung dikerodong kembali sampai waktu perlombaan akan dimulai.

Silahkan mencoba setingan EF harian dan EF lomba untuk pentet diatas, semoga jagoan anda bisa moncer dilapangan dan mendapatkan nilai terbaik dari juri. *baca juga artikel Cara memilih cendet "super" dan perawatannya
Tag : Cendet, Pentet, Tips