Bagaimana Cara Melatih Bicara Pada Burung Kakatua?

Kakaktua salah satu jenis burung berparuh bengkok yang terkenal pandai menirukan suara manusia, namun diperlukan pelatihan khusus agar kakaktua bisa berbicara. Melatih burung agar sesusai dengan apa yang kita harapkan sangat diperlukan kesabaran, kasih sayang, dan konsistensi dalam melatih dari pemeliharanya karena jika hal tersebut tidak dilakukan maka kemungkinan besar hasilnya pun akan mengecewakan.

cara-melatih-bicara-burung-kakaktua_325644

Meskipun burung kakaktua juga terkenal dengan kepandaiannya dalam menirukan bahasa manusia, namun kalau tidak dilatih juga tidak akan bisa berbicara suara manusia. Berikut beberapa hal yang perlu anda berikan dalam melatih bicara burung kakaktua kesayangan anda.

# Berikan kasih sayang
Kasih sayang dari pemelihara memang menjadi faktor penting dalam memelihara binatang, karena bentuk perhatian dan kasih sayang pemelihara nantinya akan dibalas oleh binatang tersebut. Semakin dekat pemelihara dengan peliharaannya “Kakaktua” maka akan semakin mudah kita melatihnya, karena burung jenis ini dipercaya dapat mempengaruhi anda jika sudah mengenal anda. Oleh karena itu berikanlah kasih sayang tulus pada bintang peliharaan anda, pemberian ini juga bukan hanya dalam proses pelatihan namun merupakan bentuk kewajiban atas peliharaan anda.

# Kesabaran dalam melatih
Memberikan pelajaran bicara pada kakaktua juga dibutuhkan kesabaran, kita tidak bisa sekaligus melatih dalam satu waktu, akan tetapi berikan pelatihan secara bertahap. Seringkali jika kita melatih burung dihadapkan oleh rasa jenuh, misalnya karena setelah sekian lama melatih namun kakaktua tetap tidak mau menuruti apa yang anda inginkan. Perlu diketahui burung juga memerlukan proses merekam apa yang anda latih, jadi latihlah secara pelan-pelan agar hasilnya juga tidak mengecewakan.

#Melatih secara konsisten
Hal penting lainnya dalam melatih bicara kakaktua adalah konsisten. Setiap kata yang anda ajarkan pada burung juga harus memiliki arti atau tanda yang dapat membedakan dari perkataan lainnya. Contohnya pada saat pagi hari maka biasakan mengucapkan selamat pagi, begitu pula pada saat hari sudah malam maka usahakan selalu mengucapkan selamat malam.

Dari waktu dan suasana yang berbeda tersebut, maka burung menjadi tahu apa yang harus di ucapkan nantinya. Jadi jangan ucapkan selamat malam jika hari masih siang maupun sebaliknya. Lakukan ucapan tersebut secara terus menerus.

Baca juga artikel burung kakaktua lainnya
- Kenali beberapa penyebab infeksi mata pada kakaktua
- 5 Jenis burung yang pandai menirukan suara manusia

Berikut contoh lainnya
  • Ucapkanlah “Ada tamu” saat anda menerima tamu.
  • Ucapkanlah “Sepi banget” jika suasana rumah memang sedang sepi.
  • Ucapkanlah “ Mandi dulu” jika anda akan memandikan burung
  • Ucapkanlah “Mau makan jagung?” saat anda ingin memberikan jagung, namun jika kakaktu tidak mau memakannya maka ucapkanlah “Tidak mau” sambil anda mengeluarkan jagung dari sangkar.
  • Saat anda akan pergi dalam waktu yang lama, misalnya pergi bekerja maka ucapkanlah “Selamat tinggal”. Namun jika anda pergi tidak lama, maka ucapkanlah “Tunggu sebentar”.
Hal yang perlu anda hindari jika ingin melatih kakaktua berbicara adalah jangan menaruh burung di tempat yang sering ada ucapan kotor, misalnya didekat kamar mandi dan juga tempat lalu lalang manusia “Ditepi jalan” karena biasanya banyak orang yang iseng mengeluarkan kata-kata yang tidak baik. Itulah beberapa hal yang perlu anda berikan dalam melatih bicara burung kakaktua, semoga bisa bermanfaat.
Tag : Beo, Kakaktua, Tips