Pilih Blackthroat Jantan, Bagaimana Cirinya?

Blackthroat menjadi salah satu burung ocehan yang banyak diminati oleh para penghobi burung. Meskipun burung bertubuh kecil, namun burung ini memiliki suara keras dan nyanyian yang indah terutama blackthroat berkelamin jantan.

ciri-blackthroat-jantan_654200

Blackthroat jantan juga mempunyai ragam variasi suara yang indah berbeda dengan betina yang kicauannya monoton. Jadi alangkah baiknya jika ingin memelihara blackthroat untuk ocehan dirumah, pilihlah yang jantan.

Ciri blackthroat jantan


Bagi seorang pemula untuk mengenali jantan dan betina blackthroat mungkin akan merasa sulit. Untuk itu, berikut ciri blcakthroat jantan yang bisa anda jadikan acuan saat akan membelinya.

  • Postur tubuh, BT jantan memiliki tubuh yang panjang, sedangkan betina cenderung bulat.
  • Kepala, bentuk kepala yang jantan besar serta agak sedikit panjang (lonjong), sedangkan betina lebih kecil dan membulat.
  • Pita leher, ciri BT berkelamin jantan memiliki pita dibagian leher berwarna hitam pekat, berbeda dengan pita leher betina yang warnanya tidak pekat (samar).
  • Paruh, BT jantan memiliki paruh tebal, sedangkan betina berparuh tipis.
  • Anus, Blackthroat jantan memiliki anus yang menonjol keluar seperti tonjolan sebesar biji kacang hijau serta berbulu rawis, namun pada anus BT betina hanya datar.
  • Leher, BT jantang memiliki leher panjang, sedangkan betina berleher pendek
Selain memilih blackthroat jantan, alangkah baiknya juga anda memilih blackthroat yang berkualitas bagus terutama yang ingin di ikut sertakan dalam berbagai perlombaan. *baca juga artikel Persiapan Dini Blackthroat Untuk Lomba

  • Tegap, pilih blackthroat berpostur tubuh tegap, besar dan panjang. BT yang berbadan seperti ini biasanya mentalnya kuat serta bersuara keras dan panjang panjang.
  • Mata, pilihlah BT jantan yang memiliki sorot mata yang tajam. Burung bermental baik bisa dilihat dari ketajaman sorot matanya.
  • Bulu, pilih blackthroat yang berbulu cerah. Selain sebagai keindahan, blackthroat berbulu cerah juga menandakan burung yang baik dalam perawatan serta mentalnya.
  • Paruh, blackthroat jantan berparuh panjang dan memiliki ketebalan seimbang antara paruh bagian atas dan bawah dan rapat saat burung sedang diam biasanya akan memiliki suara yang keras.

Dari beberapa ciri blackthroat jantan diatas semoga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum anda menentukan pilihan saat akan membelinya. (referensi artikel kicaumania.or.id)
Tag : Blackthroat, Tips