Perawatan Hewan Peliharan Sugar Glider

Sugar glider, jenis hewan kecil dan eksotis yang memiliki banyak penggemar. Hewan peliharaan yang satu ini memiliki penampilan yang lucu dan relatif mudah dalam perawatan. Namun meskipun tidak begitu sulit dalam perawatan sebaiknya jika anda ingin memeliharanya haruslah mengetahui terlebih dahulu sifat dan karakter sugar glider serta jenis makanannya.

perawatan-sugar-glider_36548

Sifat sosial sugar glider


Sugar glider merupakan hewan yang berasal dari hutan-hutan di Australia, Indonesia, dan Papua Nugini. Hewan ini termasuk dalam golongan omnivora (sumber utama makanan pokoknya berupa tumbuhan dan daging). Sugar glider juga termasuk hewan yang sifat sosialnya tinggi, kehidupan mereka senang berkelompok bersama keluarganya. Jadi jika mereka kehilangan interaksi sosial, maka mereka sulit untuk berkembang dan menjadi tertekan sehingga bisa mengakibatkan kematian. Maka penting sekali dalam perawatan sugar glider untuk memperhatikan hal tersebut.

Karakter sugar glider


Sugar glider adalah jenis hewan peliharaan yang menawan dan lucu. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa mereka sangat sosial, maka idealnya jika anda ingin memelihara maka sebaiknya lebih dari satu. Binatang ini juga senang dengan kebersihan, sebagaimana dalam kehidupan mereka dihutan yang selalu menjaga kebersihan sarang bersama kelompoknya *wikipedia.

Perlu diketahui bahwa sugar glider memiliki kuku yang sangat tajam, sehingga jika anda ingin memeliharanya harus memotong kuku-kukunya jika sudah kelihatan tajam agar tidak melukai diri anda. Selain itu, hewan ini juga mempunyai gigi yang tajam. Meskipun perilakunya tidak agresif, namun jika merasa terancam atau takut maka mereka akan mengigit. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena hewan ini juga bisa anda jinakkan dan bonding (memiliki ikatan dengan pemilik).

Perawatan sugar glider


makanan-sugar-glider_546200

Cara perawatan sugar glider hal yang diperlukan sama seperti kita merawat hewan peliharaan lainya, yaitu makanan dan kandang.

Makanan
Jenis makanan yang terbaik untuk sugar glider tentunya yang memiliki nutrisi yang seimbang untuk menjaganya dari obesitas maupun kekurangan gizi. Banyak jenis makanan untuk sugar glider yang bisa anda dapatkan di petshop.

Sedangkan untuk makanan tambahan bisa anda berikan buah-buahan dan sayuran. Berikut jenis buah dan sayur yang baik untuk sugar glider.

Buah-buahan: Apple (Dengan atau Tanpa kulit), apricot, pisang, blackberry, bluberi, belewah, kelapa, ceri (manis), anggur, nangka, ara, kiwi, jeruk, melon, mangga, papaya, persik, markisa, raspberi, semangka, nanas, strowberi, jeruk keprot.

Sayur-sayuran: brokoli, asparagus, kubil, rebung, wortel, kol bunga, jagung, seledri, mentimun, dandelion hijau, lobak, jamur (yang tidak beracun), kacang hijau, kacang polong, peterseli, bayam, labu kuning, bayam, ubi jalar, tomat, selada air, lobak hijau, ubi jalar, ubi.

Selain pemberian makanan, sediakan juga minuman (air yang sudah matang atau air mineral) di kandang setiap harinya atau juga bisa berupa jus buah. Sugar glider juga bisa anda berikan makanan berupa serangga (jangkrik, ulat, belalang) untuk tambahan protein, karena kebutuhan protein hewan ini cukup besar tiap harinya yaitu sekitar 40%. 

Kandang sugar glider


jenis-maianan-sugar-glider_2554600

Ukuran minimal kandang untuk sepasang sugar glider yaitu 70x70 cm dan tinggi 100 cm. ini merupakan ukuran minimum, namun akan lebih baik lagi jika semakin besar. Untuk hewan jenis ini, ukuran kandang semakin tinggi maka akan lebih baik karena sugar glider senang memanjat/mendaki.

Sebaiknya didalam kandang diberi juga mainan, seperti roda latihan untuk hamster, kotak sarang atau glider kantong, serta tali dan tangga. Semua aksesoris tersebut sebagai sarana sugar glider untuk olahraga.

Semoga cara perawatan sugar glider ini bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara hewan yang eksotis ini. Baca juga jenis hewan peliharaan lainnya di Other Pets.