Memelihara Simungil Hamster

Hamster, binatang peliharaan berkuran tubuh mungil yang semakin banyak peminatnya. Penampilannya yang imut dan lucu memang sangat cocok untuk diperlihara dirumah anda, selain itu juga tidak membutuhkan tempat yang besar jika ingin memeliharanya.

foto-hamster-lucu_654120
Pic source Adorable Animals

Tentang kehidupan hamster



Binatang yang memiliki bentuk mirip dengan tikus ini habitat aslinya adalah dari daerah gurun pasir di timur tengah. Hamster hidup di lubang-lubang yang digalinya sendiri dengan kedalaman yang mencapai puluhan meter. Binatang kecil ini juga membuat ruangan yang berbeda-beda didalam lobang sesuai dengan keperluannya, seperti untuk tempat menyimpan makanan, membuang kotoran, ruang untuk tidur, dan lain-lainnya.

hamster-campbell-lucuc_895220

Hamster merupakan binatang yang menyukai buah-buahan, tumbuhan, dan serangga sebagai makanannya. Sedangkan kebutuhan akan cairan didapat dari tumbuh-tumbuhan yang dimakannya dan embun. Binatang ini juga berprilaku senang menyimpan/menimbun makanan dimulutnya.

Hamster merupakan jenis binatang nocturnal (melakukan aktivitas pada malam hari), jadi binatang ini akan keluar dari lubang rumahnya pada saat matahari mulai tenggelam dan akan kembali pada saat pagi hari.

Jenis hamster yang banyak diperlihara di Indonesia


Ada beberapa jenis hamster yang banyak dipelihara dan juga dikembangbiakan di Indonesia, antara lain Hamster Syrian, Hamster Mini Campbell, Hamster Mini Winter White, Hamster Mini Roborovski, dan Hamster Mini Hybrid.

Memilih hamster yang baik


Sebelum memutuskan untuk membeli hamster, ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu ciri-ciri hamster yang bagus dan sehat.

jenis-jenis-hamster

Kelincahan, seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa hamster merupakan binatang malam, maka jika anda ingin membeli hamster lebih baik pada waktu sore hari agar dapat diketahui kelincahannya. Lihat juga bagian matanya, pilih yang memiliki mata bersinar.

Kotoran, periksa kotoran yang ada di tempat wadah hamster. Pastikan kotorannya berbentuk oval panjang dan kering. Selain itu juga tidak tercium bau kotoran maupun air kecing hamster yang menyengat.

Bulu, hamster yang dalam kondisi sehat maka akan memiliki bulu yang tebal. Pastikan hamster tidak memiliki benjolan dengan memegangnya, karena jika terdapat benjolan bisa jadi itu merupakan tumor.

Makanan hamster


Berikan makanan untuk hamster yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya. Kebutuhan utama yang diperlukan adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, dan air. Makanan yang cocok untuk hamster seperti Beras Merah, Biji Jagung, Biji Bunga Matahari, Gabah, Konsentrat, Kacang Tanah, Kacang Kedelai, Kacang Hijau, Ketan Hitam, Millet Merah, Millet Putih, serta Oatmeal. Sedangkan sebagai makanan tambahan bisa anda berikan keju, madu, wortel, putih telur yang sudah direbus, minyak ikan, serta toge. Sediakan juga air bersih untuk minum di kandangnya.

Berikan makanan untuk hamster secukupnya saja, karena jika berlebihan maka hanya akan ditimbunnya saja sebagaimana perilaku hamster yang kami sebutkan diatas atau coba lihat video cara hamster menyimpan makanan di mulutnya dibawah ini yang diunggah oleh BBC di youtube.


Kandang hamster

kandang-hamster-dari-kaca

Untuk kandang bisa anda buat sendiri menggunakan kaca aquarium dengan ukuran 30x30x30cm untuk sepasang hamster. Jangan lupa untuk memberikan serbuk kayu kering didalam kandang dan beri juga aksesoris untuk sarana bermain hamster.
Referensi artikel New Hamster Lover