Latber, Ajang Terbaik Melatih Burung Anda

Memperkenalkan burung dengan suasana lomba akan memberikan efek penting bagi pertumbuhan mentalnya, terutama jika burung peliharaan anda memang dikhususkan untuk di ikut sertakan dalam ajang perlombaan. Tempat latber (latihan bersama) bisa menjadi salah satu arena/ajang terbaik untuk mengasah mental burung-burung jagoan anda. Baca juga artikel Uji Mental Burung Anda

melatih-mental-burung-saat-latber

Penting bagi anda membawa kicauan ke tempat latber sebelum di ikutkan ke ajang lomba yang sebenarnya. Latber akan menjadi ajang pelatihan burung peliharaan anda agar terbiasa dengan suasana perlombaan. Riuhnya suasana perlombaan dapat mengakibatkan burung anda menjadi down mental jika sebelumnya tidak pernah merasakan atmosfir arena lomba, untuk sebaiknya berikan pelatihan terlebih dahulu sebelum burung anda diikutkan kontes.

Burung akan terkejut dengan ramainya para penonton serta banyaknya jenis burung yang memiliki ragam karakter pada arena lomba tentu akan membuat mental burung down serta tidak akan bisa tampil mempesona (biasanya burung hanya diam sambil mengembangkan bulu, naik turun tangkringan, atau bahkan cuek dengan burung lainnya sambil terus memakan makanan yang ada dalam sangkar).

Masih beruntung jika turunnya mental hanya saat dalam arena lomba. Namun banyak kasus terjadi pada burung yang turun mental karena ikut lomba bisa sampai terbawa kerumah dan yang menyedihkan diikuti dengan macet bunyi sehingga bisa membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan mentalnya. *Baca juga artikel Solusi Atasi Burung Drop Fisik dan Macet Bunyi

Untuk itu berikan waktu anda untuk membawa burung jagoannya ke tempat latber, selain sebagai ajang pelatihan anda juga bisa berbagi pengalaman cara perawatan burung antara para pemelihara lainnya. Terus latih burung anda agar saat berada di arena lomba bisa tampil prima dan mendapatkan nilai tertinggi dari para juri lomba.