Kucing Maine Coon Dan Perawatannya

Kucing Maine Coon, banyak orang mengatakan bahwa hewan peliharaan ini adalah “Anjingnya dari dunia kucing” karena kucing jenis ini sangat menikmati kebersamaan dengan orang. Hewan ini juga berprilaku sangat menyenangkan dan memiliki sifat yang penuh kasih sayang serta berpostur tubuh besar namun lembut dalam tingkah lakunya.

merawat-kucing-maine-coon_6543258
Pic wikipedia

Selain sifatnya yang penuh kasih sayang, kucing maine coon juga sangat ramah, cerdas, setia, menyenangkan, serta lembut sehingga tidak akan membahayakan bagi anak-anak.  Jadi kucing jenis ini tergolong sangat aman untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah.

Hal menarik lainnya dari maine coon adalah tidak selalu tergantung pada manusia, misalnya tidak terus menerus mengemis perhatian akan tetapi mereka senang “bergaul” dengan manusia. Kucing ini tidak mau ada “jarak” dengan anda, mereka akan terus mengikuti anda dari kamar ke kamar dan akan setia menunggu diluar pintu sampai anda keluar. Memelihara seekor kucing maine coon bisa untuk dijadikan teman setia bagi anda.

Maine coon juga merupakan kucing yang berkepribadian santai serta bersuara kecil dan lembut saat sedang mengeong. Mungkin itu menjadi salah satu keunikannya, bertubuh  besar namun suaranya kecil dan lembut.

Bentuk kucing maine coon


Secara umum kucing jenis ini memiliki otot yang kuat, dada lebar, badan persegi panjang, serta berbulu halus. Berat tubuh kucing jantan antara 12 sampai 15 kg dan kucing betina rata-rata 9 sampai 12kg. Warna bulu kucing maine coon ada banyak macamnya, antara lain putih, hitam, silver, coklat, tabby, orange, krem, tortoiseshell atau belacu, serta multi warna.

kucing-maine-coon-lucu_3567789
Pic by Maine Coon Adoptions

Mata maine coon berbentuk besar, bulat, serta bersinar. Sedangkan warna mata yang paling umum adalah bernuansa hijau, emas, atau hijua emas. Kucing jenis ini umumnya berkaki besar, bulat dan ada beberapa jenis maine coon yang berkaki polydactyl (kucing yang memiliki 6 jari pada kaki bagian depan dan 5 jari pada kaki bagian belakang, wikipedia). Hewan ini juga bertelinga besar, serta memiliki ekor yang panjang dan halus.

Merawat maine coon


Karena sebagaian besar maine coon memiliki bulu-bulu yang tebal dan panjang, maka harus sering dilakukan perawatan untuk menjaga kesehatan bulu-bulunya. Kucing ini juga banyak yang menyukai air, maka berikan selalu air bersih.

Memelihara kucing alangkah baiknya selalu berada didalam rumah karena akan lebih mudah untuk mengontrolnya, baik dari makanan yang dimakannya serta tidak dipungkiri ada sebagian orang diluar yang membenci akan keberadaan kucing. Jadi akan lebih baik dan aman jika kucing peliharaan anda selalu berada didalam rumah, sebab jika kucing berada di luar rumah bisa jadi dia akan memakan makanan yang beracun karena banyak kucing yang berkebiasaan mengorek-orek tempat sampah.

Selain itu, kucing yang berada di luar rumah juga bisa terancam keselamatannya akibat hewan predator seperti possum, coyote, dan rakun. Diluar rumah kucing juga sangat rentan terkena berbagai penyakit baik dari segi makanan yang didapat maupun dari kutu dan parasit. Perlu diketahui juga bahwa umur kucing yang berada diluar rumah secara umum 3-5 tahun, sedangkan yang berada didalam rumah bisa mencapai lebih dari 20 tahun.

Jadi akan lebih baik jika anda memelihara kucing, baik itu maine coon, angora, persia, atau jenis lainnya selalu berada di dalam rumah.