Jika Hamster Hamil, Apa yang Dia Butuhkan?

Hamster imut kesayangan Anda hamil? Jangan didiamkan, dia perlu perlakuan spesial. Anda harus tahu tentang hal-hal penting yang dibutuhkan oleh hamster hamil dan cara untuk merawatnya.

ciri-tanda-hamster-hamil_653258

Hamster, biasanya memasuki masa kawin ketika umurnya sudah 2-3 bulan. Pada usia tersebut, jika si betina dan jantan dipasangkan dalam satu kandang, naluri hewaninya akan memberi dorongan untuk kawin. Sekitar tiga hari kemudian pasca kawin, hamster betina akan mengalami kehamilan.

Tanda dan ciri-ciri hamster hamil akan tampak secara kasat mata saat kandungannya telah berusia seminggu lebih. Secara fisik, indikasinya dapat diamati dari bentuk puting yang semakin menonjol dan perut yang menggembung ke samping. Otomatis berat tubuhnya juga akan bertambah, karena sudah ada 2-8 ekor calon bayi di dalam perutnya. Dari sisi perilaku, si betina juga akan meningkat keagresifannya serta jadi lebih aktif dari biasanya.

Jika tanda-tanda di atas terjadi pada hamster kesayangan Anda, maka hampir bisa dipastikan bahwa dia sedang hamil.

Hal-Hal yang Dibutuhkan oleh Hamster Hamil


Jika Anda sudah tahu bahwa si hamster sedang hamil, maka sebaiknya berikan perawatan dan perlakuan khusus. Ada beberapa hal penting yang dia butuhkan ketika sedang mengandung hamster-hamster junior di dalam perutnya.

1. Hamster hamil butuh banyak makanan


Hamster yang sedang hamil butuh lebih banyak makanan dan minuman daripada biasanya. Nafsunya untuk melahap makanan akan meningkat secara signifikan. Ini bukan disebabkan karena dia berubah menjadi makhluk rakus, tapi karena dia tahu ada bayi-bayi di dalam perutnya yang juga butuh asupan makanan.

Selain itu, hewan pengerat yang imut ini juga memiliki perilaku unik pada saat mengandung. Dia akan menjadi senang menimbun makanan di dekat sarangnya, sebagai stok persedian makanan bagi dirinya sendiri dan calon anak-anaknya.

Jadi pada saat hamster hamil, ada baiknya untuk menambah makanan baik secara kuantitas maupun kualitas. Makanan yang direkomendasikan adalah yang berprotein dan bernutrisi tinggi. Lebih optimal lagi jika sesekali dilengkapi suplemen vitamin yang bisa diteteskan ke dalam minumannya.

2. Hamster hamil butuh suasana aman


Salah satu ciri yang menonjol pada saat hamster sedang hamil adalah perilakunya yang menjadi terlalu sensitif dan protektif, bahkan bisa menjurus agresif. Segala hal yang membuatnya merasa terganggu, akan dianggapnya sebagai bentuk ancaman terhadap bayi-bayi di dalam kandungannya.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menyentuhnya supaya Anda tidak digigit. Biarkan dia merasa aman dan nyaman. Terutama pada minggu ke-2 masa kehamilan, yang juga merupakan hari-hari menjelang kelahiran, keagresifannya akan berada pada titik puncak.

Gangguan juga bisa berasal dari hamster lainnya, termasuk hamster jantan yang akan menjadi ayah dari anak-anaknya. Khusus untuk jenis Campbell atau Syrian, sifat protektifnya jauh lebih ekstrim. Jadi sangat disarankan untuk memisahkan sang betina dan sang jantan. Selain untuk mengindari perilaku agresif, hal ini juga dimaksudkan agar mereka tidak kawin lagi. Perkawinan yang terjadi pada saat si betina sedang mengandung, bisa menyebabkan dia tidak fokus mengurus bayi-bayi yang akan dilahirkannya.

3. Hamster hamil butuh sarang yang nyaman


Perilaku agresif hamster yang sedang hamil membuat kandangnya akan sulit dibersihkan. Di satu sisi Anda sebaiknya tidak menyentuhnya, namun di sisi lain kebersihan tetap perlu dijaga. Maka solusi yang pas adalah menggunakan kertas koran sebagai alas di kandangnya. Bau kotoran bisa mudah terserap oleh karbon yang terkandung pada kertas koran.

Kertas koran juga cocok dengan perilaku hamster hamil yang punya kecenderungan ingin mempersiapkan sarang baru sebagai bakal tempat berlindung bagi anak-anaknya. Dia bisa dengan mudah merobek-robek kertas koran untuk membuat sarang yang dia mau. Anda bisa menambahkan serbuk kayu untuk menambah kehangatan.

Selain itu, hamster hamil sangat mudah merasa tidak nyaman saat dirinya merasa diawasi. Maka sebaiknya hindari memakai kandang yang transparan, lebih baik jika menempatkannya di kandang dengan dinding yang tertutup.

Perlakuan khusus pasca kelahiran


Setelah kira-kira usia kandungan 16-20 hari, bayi-bayi hamster mungil akan lahir ke dunia.

Satu hal yang penting untuk Anda perhatikan setelah kelahiran, jangan pernah menyentuh bayi-bayi tersebut karena bisa membuat aroma tubuh mereka berubah. Hal ini akan membuat sang induk enggan menyusui lagi. Selain itu, hamster termasuk hewan yang tega menyantap anaknya sendiri. Jadi jangan pernah biarkan sang induk kelaparan, dan tetap pisahkan sang jantan hingga anak-anak mereka berumur setidaknya dua minggu.

Baca artikel tentang hamster lainnya
- Memelihara Si Mungil Hamster

Jadi memang perlu perlakuan khusus mulai dari saat hamster hamil hingga melahirkan. Asalkan tahu cara merawatnya, hamster kesayangan Anda niscaya akan tetap sehat dan selamat.