Ini Dia Ciri Trotolan Anis Kembang Yang Super

Memilih anis kembang trotolan yang berkualitas super memang tidak mudah apalagi jika yang masih awam dengan jenis burung berkicau yang satu ini. Ada tips-tips khusus jika ingin mendapatkan burung AK bakalan/trotolan yang bagus.


ciri-anis-kembang-trotolan-yang-bagus

Pentingnya tubuh proposional pada anis kembang


Trotolan anis kembang yang memiliki kualitas bagus bisa dilihat dari bentuk keselurahan tubuhnya. Karena secara umum bentuk fisik akan sangat berpengaruh pada kualitas burung saat sudah berumur dewasa. Berikut ciri AK yang super ala HeriGatBf dari forum kicaumania.

#1. Lincah

Saat anda akan memilih trotolan anis kembang, perhatikan tingkat kelincahan burung tersebut. Pilih yang lincah dan gesit.

#2. Bentuk tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bentuk tubuh sangat berpengaruh pada kualitas burung. Berikut ciri fisik/tubuh yang perlu anda perhatikan.

tips-memilih-anis-kembang-yang-super

Paruh, pilihlah AK trotolan yang memiliki paruh tebal dan panjang. Bentuk paruh yang agak melengkung serta pada bagian ujungnya runcing. Anis kembang yang berparuh seperti itu biasanya akan memiliki volume suara yang keras dan tajam. Selain itu, pada bagian pangkal belakang paruh pilih yang garis putih kekuningannya panjang. Bentuk garis yang semakin panjang mendekati bawah mata serta agak melengkung menandakan burung tersebut akan membawakan lagunya bisa ngerol panjang.* lihat juga artikel Top Koleksi Suara Anis Kembang

Rahang, AK yang berkelamin jantan tentu akan memiliki bentuk rahang yang besar dan kokoh. Namun pilih yang serasi dengan bentuk paruhnya.

Kepala, Pilihlah trotolan anis kembang yang bentuk kepalanya kotak pendek. Bentuk kepala AK jantan yang seperti itu biasanya merupakan tanda burung yang cerdas.

Mata, bakalan AK yang bagus memiliki mata yang besar, melotot, dan bersinar. Bentuk mata seperti ini menunjukan mental yang kuat dan jiwa tempurnya tinggi.

Leher, pilihlah AK trotolan yang bentuk lehernya agak besar. Trotolan yang seperti ini menandakan jika sedang ngerol mampu bertahan lama.

Badan, bentuk badan yang ideal bagi anis kembang adalah panjang dan ramping. Burung yang memiliki bentuk seperti ini biasanya akan cepat bunyi dan tidak punya bakat gemuk.

Sayap, pilihlah trotolan yang memiliki sayap panjang hampir sama dengan ekornya sehingga dapat bergaya eksotis saat sedang ngerol.

Bulu, burung yang sehat akan memiliki bulu halus dan mengkilap.

Kaki, cari trotolan yang berkaki panjang dan kokoh serta kering walalupun masih berumur muda karena akan cepat dewasa dan stabil birahinya.

Ekor, pilih bentuk ekor yang serasi dengan tubuhnya.

Selain saat memilih burung AK menggunakan tips diatas, ada baiknya jika akan membeli trotolan/bakalan anda mengajak teman yang sudah paham betul tentang burung anis kembang. Semoga tips memilih trotolan anis kembang yang super dapat bermanfaat. *baca juga artikel Tips Memilih Dan Merawat Trotolan Anis Merah